Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea ‘Baby Faced Beauty’ Terhadap Minat Gaya Berbusana Remaja Putri (Studi Korelasional di SMA Negeri 1 Kota Cilegon)

Anggraeni, Kartika and Mukhroman, Iman and Prasetya, Teguh Iman (2013) Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea ‘Baby Faced Beauty’ Terhadap Minat Gaya Berbusana Remaja Putri (Studi Korelasional di SMA Negeri 1 Kota Cilegon). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI KOM - KartikaAnggraeni - 2013)
SKRIPSI KOM - KartikaAnggraeni - 2013.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

KartikaAnggraeni/ 083119/ Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea ‘Baby Faced Beauty’ Terhadap Minat Gaya Berbusana Remaja Putri/ Program Studi Ilmu Komunikasi/ Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik/ Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/ 2013. Banyaknya drama Korea yang masuk ke Indonesia menyebabkan khalayak di Indonesia menyukai kebudayaan Korea, terutama dalam hal fashion. Salah satu drama Korea yang mengusung cerita tentang dunia fashion adalah drama Korea ‘Baby Faced Beauty’. Drama Korea ‘Baby Faced Beauty’ adalah drama Korea yang menonjolkan sisi dunia fashion di Korea, ditampilkan dengan cerita yang ringan dan bisa ditonton oleh semua kalangan, terutama para remaja putri. Hal tersebut bertujuan untuk menarik perhatian khalayak terhadap dunia fashion di Korea. Penyampaian pesan yang terdapat pada drama Korea tersebut dilakukan dengan memilih saluran komunikasi yang ditujukan kepada khalayak. Saluran yang di maksud yaitu komunikasi massa, karena pesan dalam komunikasi massa ditujukan kepada khalayak luas. Drama/ Film merupakan salah satu bentuk komunikasi massa. Melalui drama/ film khalayak mendapatkan pesan yang diharapkan dapat merubah opini, sikap, bahkan perilaku dalam kehidupan seharihari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan tayangan Drama Korea ‘Baby Faced Beauty’ terhadap Minat Gaya Berbusana Remaja Putri di SMA Negeri 1 Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional yang melibatkan variabel bebas yaitu Drama Korea ‘Baby Faced Beauty’ dan variabel terikat yaitu Minat Gaya Berbusana Remaja Putri. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 80 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyampaian pesan pada Drama Korea ‘Baby Faced Beauty’ tercapai dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui dengan terjadinya sikap pada para siswi di SMA Negeri 1 Kota Cilegon tentang gaya berbusana. Proses penyampaian Terpaan Tayangan Drama Korea ‘Baby Faced Beauty’ dapat memberikan pengaruh terhadap minat gaya berbusana remaja putri di SMA Negeri 1 Kota Cilegon.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Kartika Anggraeni/ 083119/ Effects of Korean Drama 'Baby Faced Beauty' on Young Women’s Interests of Dressing Style/ Communication Studies Program/ Faculty of Social and Political Sciences/ Sultan Ageng Tirtayasa University/ 2013. The number of Korean dramas in Indonesia led the audience in Indonesia to like Korean culture, especially in fashion. One of the Korean drama that carries a story about the world of fashion is a Korean drama 'Baby Faced Beauty'. Korean drama 'Baby Faced Beauty' is a Korean drama that highlights the fashion world in Korea, is displayed with a story that is easy to watch and can be watched by all people, especially the young women. It aims to draw attention of the audience to the world of fashion in Korea. The delivery of messages contained in the Korean drama is done by selecting the channel of communication addressed to the audience. Channel which is used is mass communication, mass communication because the message is addressed to a wide audience. Drama/ Film is a form of mass communication. Through drama/ film audiences get a message that is expected to change the opinions, attitudes, and even behavior in everyday life. The purpose of this study was to determinethe effects of Korean Drama 'Baby Faced Beauty' on Young Women’s Interests of Dressing in SMA Negeri 1 Cilegon. The method used in this study are correlational study involving independent variable Korean drama 'Baby Faced Beauty' and the dependent variable, which is the Interests of Young Women Dressing Style. In this study the samples uses 80 people. The results shows that delivering a message from the Korean Drama 'Baby Faced Beauty' well achieved. It can be determined by the attitude of the girl students at SMAN 1 Cilegon on their dress style. The delivery process Impressions Korean Drama 'Baby Faced Beauty' give effect to the interest of young women in dressing style on SMA Negeri 1 Cilegon.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Aug 2013 03:18
Last Modified: 29 Aug 2013 03:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item