Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA TERPAAN ACARA JAKARTA BERSEPEDA DI JAKTV DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KOMUNITAS

Mallorca, Lufthi and Jaiz, Muhammad and Nursih, Isti (2011) HUBUNGAN ANTARA TERPAAN ACARA JAKARTA BERSEPEDA DI JAKTV DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KOMUNITAS. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi KOM - Lufthi Mallorca - 2011)
Skripsi Prodi KOM - Lufthi Mallorca - 2011.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lufthi Mallorca. NIM. 6662072950. Skripsi. Hubungan Antara Terpaan Acara Jakarta Bersepeda di Jaktv Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Komunitas Rockass Fixie. Program Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2011. Terpaan media memiliki peran penting dalam pelbagai penelitian yang terkait dengan penggunaan media oleh khalayak. Terpaan media menghitung penggunaan media oleh khalayak dengan memperhatikan frekuensi, durasi, serta intensitas. Melalui penelitian terpaan media akan diketahui seberapa besar pesan serta informasi sampai dari komunikator kepada komunikan. Komunitas sepeda Rockass Fixie sebagai khalayak menggunakan media massa, salah satunya televisi, untuk memenuhi kebutuhan informasi. Agar kebutuhan informasi komunitas Rockass Fixie terpenuhi perlu dilihat bagaimana pola yang dipakai anggota komunitas ini dalam menggunakan media televisi untukdapat memenuhi kebutuhan informasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara terpaan acara televisi Jakarta Bersepeda dengan pemenuhan kebutuhan informasi pada komunitas Rockass Fixie. Penelitian ini bertitik tolak pada teori uses and gratifications. Teori ini popular dalam penelitian kepuasan khalayak terhadap penggunaan media massa. Model uses and gratifications memposisikan khalayak sebagai individu yang memiliki kekuasaan dalam memilih media massa yang akan dikonsumsi berdasarkan kebutuhan masing-masing individu. Selain itu, penelitian ini juga mengacu pada teori kategorisasi sosial dimana suatu kelompok yang memiliki kesamaan cita-cita, kegemaran, atau latar belakang akan cenderung memilih media yang sesuai dengan harapannya. Metode penelitian yang digunakan ialah survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Karena penelitian ini hanya untuk menggambarkan hubungan antara terpaan acara Jakarta Bersepeda dengan pemenuhan kebutuhan informasi komunitas Rockass Fixie. Populasi pada komunitas ini ialah 60 orang. Populasi ini merupakan populasi terbatas, yaitu populasi yang memiliki data yang jelas batas-batasnya secara kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan ialah total sampling, atau sampling jenuh dimana responden melibatkan keseluruhan dari anggota populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini terpaan acara Jakarta bersepeda cukup baik dengan nilai presentase sebesar 60,4%. Sedangkan pemenuhan kebutuhan informasi pada komunitas Rockass Fixie tergolong baik, yaitu dengan presentase sebesar 73,03%. Dari hasil perhitungan, terdapat hubungan yang cukup signifikan antara terpaan acara Jakarta Bersepeda dan pemenuhan kebutuhan informasi komunitas Rockass Fixie yaitu sebesar 35,4%.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT Lufthi Mallorca. NIM. 6662072950. Thesis. The Correlations Between Jaktv’s Program Jakarta Bersepeda Media Exposure With Fullfilment Of Information Needs In Rockass Fixie Community. Science Of Communications Program. Faculty Of Social and Politic Science. University Of Sultan Ageng Tirtayasa. 2011. Media exposure has important role in every kind of researches which relating between media and how people use it. Media exposure search how people use the media as their needs by counting in every frequence, durations, and intensity activity. Through media exposure research there will be known how the messages comes from communicator to communicate effectifely.Rockass Fixie as a public community using mass media, such as Television, to fullfil their information needs. Research will observe the habitual of Rockass Fixie community when using mass media. This research purposing to find The Correlations Between Jaktv’s Program Jakarta Bersepeda Media Exposure With Fullfilment Of Information Needs In Rockass Fixie. It refers to uses and gratifications model of mass media. On uses and gratifications model, the audience has a position as a individual who has a great power to choose any kind of mass media they want to used. Otherwise, this researches is according to the social cathegory theory. The social cathegory theory explaining that a group which have similiarity in vision, excitement, and background will take the same media with each other. There is descriptive survey of method research with quantitative approach. It cause of the research is only representating the correlations between Jaktv’s program Jakarta Bersepeda media exposure with fullfilment of information needs in Rockass Fixie community. The population is 60 persons. This research takes a total sampling method, which held the whole member of Rockass Fixie. Results presentation of this research is 60,4% for media exposure, it means there are significant correlations of media exposure. Meanwhile, there are 73,03% of relut presentation that defining fulfillment of information needs in Rockass Fixie is took good significant. And there is 35,4% result presentations which find a good significants from the correlations between Jaktv’s program Jakarta Bersepeda media exposure with fullfilment of information needs in Rockass Fixie community
Subjects: Communication > Science Journalism
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Jul 2013 02:51
Last Modified: 15 Jul 2013 02:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item