Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH TERPAAN IKLAN TV AXIS VERSI “BERKAH BLAK-BLAKAN” TERHADAP MINAT MEMBELI KARTU PERDANA (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta Angkatan 2008)

Ass-shiddiqi, Ferdy Pradana and Jaiz, Muhammad and Nesia, Andin (2012) PENGARUH TERPAAN IKLAN TV AXIS VERSI “BERKAH BLAK-BLAKAN” TERHADAP MINAT MEMBELI KARTU PERDANA (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta Angkatan 2008). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM - Ferdy Pradana Ass-shiddiqi - 2012.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ferdy Pradana Ass-shiddiqi. NIM 6662072937. Skripsi “Pengaruh Terpaan Iklan TV AXIS Versi „Berkah Blak-Blakan‟ Terhadap Minat Membeli Kartu Perdana (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta Angkatan 2008”. Iklan menjadi sebuah media untuk promosi dan menjadi sebuah pemanfaatan kemajuan elektronik pada sebuah kegiatan pemasaran suatu produk. AXIS memanfaatkan iklan televisi untuk mempromosikan dan mempersuasifkan produknya kepada khalayak dengan tema yang berbeda dari operator lain. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana terpaan iklan AXIS versi “Berkah Blak-Blakan” dapat mempengaruhi minat membeli kartu perdana pada mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan TV AXIS versi “Berkah Blak-Blakan” di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008 terhadap minat membeli kartu perdana AXIS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decission, Action). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini bersifat eksplanatif. Data dikumpulkan dari hasil kuesioner dan dokumentasi. Pada sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008 yang aktif sebanyak 67 mahasiswa. Pada hasil penelitian ini menggunakan analisis korelasi Perason’s Product Moment menunjukan terdapat yang sangat kuat, positif dan signifikan antara terpaan iklan TV AXIS versi “Berkah Blak-Blakan” dengan minat membeli kartu perdana pada mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008 sebesar 0,834. Kemudian perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,695 atau sama dengan 69,5% sehingga dapat dijelaskan bahwa sebesar 69,5% pembentukan minat membeli yang terjadi dapat dipengaruhi oleh terpaan iklan. Terpaan iklan TV AXIS versi “Berkah Blak-Blakan” menunjukan frekuensi, durasi dan intensitas yang cukup kuat menerpa menerpa mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008. Minat membeli kartu perdana AXIS pada mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008 dilihat dari kognitif dan afektif adalah tinggi, sedangkan pada tahap behaviouradalah cukup tinggi. Sebesar 69,5% pada minat membeli kartu perdana yang terjadidapat dipengaruhi oleh terpaan iklan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain.Peneliti merekomendasikan agar penelitian selanjutnya melakukan penelitian tentang terpaan iklan selain dari media televisi, selain itu peneliti menyarankan kepada pihak AXIS agar tidak hanya melakukan promosi melalui iklan saja, namun melakukan bauran promosi komunikasi pemasaran yang lain. Kata kunci: Terpaan Iklan, Minat Membeli.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Ferdy Pradana Ass-shiddiqi. NIM 6662072937. Thesis "Effect of exposure to TV ads AXIS Version 'Blessing outspoken' Interests Against Buying a Prime Card (Survey On Student Science Communication FISIP Untirta Force 2008". Advertising becomes a medium for promotion and become an electronic advances in the utilization of a marketing activity of a product. AXIS use television advertising to promote their products and mempersuasifkan to audiences with different themes from other operators. Then the formulation of the problem in this study is how exposure to advertising AXIS version of "Blessings bluntly" can influence the buying interest at the prime card Untirta FISIP communication science student generation of 2008. Then the purpose of this study was to determine the effect of exposure to TV ads AXIS version of "Blessings bluntly" among the students of Communication Sciences 2008 FISIP Untirta force of prime interest to buy cards AXIS. Theory used in this study is AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decission, Action). This study uses a survey method with quantitative approach. This type of research is explanative. Data were collected from the questionnaires and documentation. On samples taken in this research is communication science students FISIP Untirta 2008 active force by 67 students. On the results of this study using correlation analysis showed Perason's Product Moment there are very strong, positive and significant association between exposure to TV ads AXIS version of "Blessings bluntly" the prime interest in buying a card at Untirta FISIP communication science student generation of 2008 of 0.834. Then the calculation of the coefficient of determination is equal to 0.695 or equal to 69.5% so it can be explained that the formation of 69.5% interest in buying the place can be affected by exposure to advertising. AXIS TV ad exposure version of the "Blessing bluntly" indicates the frequency, duration and intensity is strong enough hit hit Untirta FISIP communication science student generation of 2008. AXIS prime interest in buying the card in communication science student generation FISIP Untirta 2008 seen from the cognitive and affective is high, whereas the phase behavior is quite high. Amounting to 69.5% in prime interest in buying a card that occur can be affected by exposure to advertising influenced the rest of other factors. The researcher recommends that future studies conduct research about exposure to media other than television advertising, in addition to the AXIS researchers suggest that not only do promotion through advertising alone, but to mix with other marketing communications campaigns. Keywords: Exposure to Advertising, Interest in Buying.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Feb 2013 02:15
Last Modified: 07 Jun 2013 02:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item