Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH TERPAAN BERITA POLITIK SEPUTAR INDONESIA DI RCTI TERHADAP TINGKAT PERSEPSI SOSIAL (Studi Regresi Terhadap Warga RT 01-05/10 Kelurahan Tanah Tinggi Tangerang)

Tryanto, Agus (2011) PENGARUH TERPAAN BERITA POLITIK SEPUTAR INDONESIA DI RCTI TERHADAP TINGKAT PERSEPSI SOSIAL (Studi Regresi Terhadap Warga RT 01-05/10 Kelurahan Tanah Tinggi Tangerang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi Komunikasi)
SKRIPSI KOM - AGUS TRIYANTO - 2011.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Agus Triyanto. NIM. 072990. Skripsi. Pengaruh Terpaan Berita Politik Seputar Indonesia Di RCTI Terhadap Meningkatnya Persepsi Sosial. Media massa sengaja menghadirkan berita politik agar masyarakat atau khalayak dapat melihat serta menilai dari kinerja politisi di Indonesia. Namun temyata masih terdapat khalayak yang belum mengerti akan berita politik yang diberitakan oleh media massa elektronik seperti televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa terpaan berita politik media massa terhadap tingkat persepsi sosial yang berfungsi sebagai pandangan masyarakat mengenai politik. Penelitian ini bertitik tolak teori User Gratification yang menalaah efek komunikasi sebagai proses aksi reaksi sederhana yang ditimbulkan oleh kata-kata verbal tulisan, isyarat-isyarat nonverbal, gambar-gambar, tindakan-tindakan tertentu merangsang orang lain untuk memberikan respon dengan cara tertentu dan merupakan pertukaran atau pemidahan informasi atau gagasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi regtesi dengan pendekatan kuantatif. Karena tujuan pokok dad penelitian ini adalah menggambarkan secara umum atau generalisasi tentang pengaruh terpaan berita politik media massa elektronik televisi terhadap tingkat persepsi sosial secara umum. Populasi dalam penelitian adalah masyarakat RT0l-05/10 Kelurahan Tanah Tinggi Tangerang yang berjumlah 803 orang. Sementara sampel yang diambil sebanyak 88 orang menggunakan teknik sampling non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar angket, melalcukan observarsi, wawancara dan dokumentasi. Mayoritas jenis kelamin responden adalah perempuan 54 responden (6l,lYo), mayoritas usia responden adalah berusia 17-25 tahun sebanyak 38 responden (43,2yo), mayoritas untuk pendidikan 68 responden (77,3%) adalah berpendidikan SMA. Hasil uji validitas R tabel adalah menggunakan R tabel kritis yaitu 0,210. Uji reliabilitas X (Terpaan berita politik seputar Indonesia RCTD adalah 0,812 (81,2%) dan reliabilitas variabel Y (tingkat persepsi sosial) adalah 0,856 (85,6%). Ujinormalitas variabel X (Terpaanberitapolitik seputar Indonesia RCTD nilai Kolmogrov 1,854 (Asymp.Sig(2 tailed) 0,002 maka 1,652 > 0,10 dan berdistribusi normal. Variabel Y tingkat persepsi nilai Kolmogrov 1,652 (Asymp.Sig(2tailed) 0,09 maka 1,854 > 0,10 berdistribusi normal. Uji koefesien korelasi A,640 dalam kategori kuat. Uji signifikan korelasi t hitung 7,257 dengan dk yaitu 86 lalu hasil t tabel adalah 1,662 maka hasil 7,257 > 1,662 adalah signifikan dan Ha diterima lalu Ho di tolak. Dengan uji determinasi sebesar 0,410 %. Dan tingkat persepsi sosial (Y) dipengaruhi sebesar 64,0oh sedangkan sisanya 36% di pengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji regresi nilai coefisien t hitung 7,729 sedangkan t tabel I,662 hasilnya adalah 7,729 > I,662 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Jadi terpaan berita politik seputar indonesia rcti berpengaruh signifikan terhadap tingkat persepsi sosial.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Agus triyanto. Nim. 072990. Skripsi. Influence paan policies message seputar indonesia at rcti towards the increasing of social perception. media mass expressly present policies message so that society or public can see with evaluate from performance politician in indonesia. but obvious will still found public not yet will understand policies message be reported by electronic mass media will like television. This watchfulness aim is to detects and analyze paan policies message media mass towards social perception level that functioned as opinion society hit policies. This watchfulness is starts from user theory gratification deepen communication effect as simple action and reaction process that is evoked by article verbal words, bonverbal hints, pictures, certain actions stimulates person other to give response with manner certain and be transfer or information transfer or brainchild. Watchfulness method used regression correlation method with approach kuantatif. because main aim from watchfulness this is describes in general or generalizing about influence paan television electronic mass media policies message towards level perception social in general. Population in watchfulness society Rt0l-05/10 Tanah Tinggi sub-district tangerang number 803 person. temporary sample that taken as much as 88 person use techniques sampling non probability sampling that is purposive sampling. Collecting technique data used with scattered inquiry, do observarsi, interview and documentation. Respondent sex majority woman 54 respondents (6l,10/o, respondent age majority aged 17-25 year as much as 38 respondents (43,2Yo, majority for education 68 respondents (77,3Vo) educated sma. Validity test result r table use r critical table that is 0,210. Test reliabilitas x (paan policies message around indonesia rcti) 0,812 (8l,2Yo) and reliability variable y (social perception level) 0,856 (85,67o). Test normality variable x (paan policies message seputar indonesia rcti) value kolmogrov 1,854 (asymp. sig(2 tailed) 0,002 so 1,652 > 0,10 and distributing normal. variable y value perception level kolmogrov 1,652 (asymp. sig(2tailed) 0,09 so 1,854 > 0,10 distributing normal. Test coefficient correlation 0,640 in category shong. Test significant correlation t count 7,257 with dk that is 86 then result t table 1,662 so result 7,257 > 1,662 significant and ha accepted then ho at refuse. With determination test as big as 0,410 Yo. and social perception level (y) is influenced as big as 64,0yo while the rest 36Yo at influence by factor other. value regression test result coefisien t count 7,729 while t table I,662 the results 7,729> 7,662 so Ho aversed and Ha accepted, mean significant. so paan policies message seputar indonesia rcti influential signifrcant towards social perception level.
Subjects: Communication > Science Journalism
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 21 Feb 2013 03:44
Last Modified: 04 Jun 2013 08:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item