Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH IKLAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN DI RADAR BANTEN TERHADAP TINGKAT KOGNITIF MASYARAKAT KOTA SERANG (Studi Korelasi Iklan Surat Pemberitahuan Tahunan di Radar Banten dan Tingkat Kognitif Masyarakat Pelanggan Radar Banten di Lingkungan Sumur Gede Kota Serang)

Rachman, Raditya and Mukhroman, Iman and Restu, Uliviana (2011) PENGARUH IKLAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN DI RADAR BANTEN TERHADAP TINGKAT KOGNITIF MASYARAKAT KOTA SERANG (Studi Korelasi Iklan Surat Pemberitahuan Tahunan di Radar Banten dan Tingkat Kognitif Masyarakat Pelanggan Radar Banten di Lingkungan Sumur Gede Kota Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM - RADITYA RACHMAN - 2011.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Raditya Rachman/ 061597/ Pengaruh Iklan Surat Pemberitahuan Tahunan Terhadap Tingkat Kognitif Masyarakat Kota Serang/ Studi Korelasi Iklan Surat Pemberitahuan Tahunan dan Tingkat Kognitif Masyarakat Pelanggan Radar Banten di Lingkungan Sumur Gede Kota Serang/ Program Studi Ilmu Komunikasi/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/ 2010. Iklan surat pemberitahuan tahunan merupakan salah satu cara untuk menyebarkan informasi kebijakan organisasi yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jendral kepada publik eksternalnya, yaitu masyarakat Kota Serang Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh masyarakat Kota Serang. Efektifitas penyampaian informasi dapat dilakukan dengan memilih saluran komunikasi yang ditujukan kepada khalayak. Saluran komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi massa, karana pesan yang ditujukan kepada khalayak. Komunikasi massa merupakan penyampaian pesan melalui media kepada khalayak. Dengan terpenuhinya kebutuhan informasi masyarakat Kota Serang, maka akan tercapai peningkatan kognitif tentang surat pemberitahuan tahunan. Kebutuhan kognitif tersebut terdiri dari persepsi, ingatan dan berpikir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklan surat pemberitahuan tahunan terhadap persepsi, ingatan dan tingkat kognitif masyarakat lingkungan Sumur Gede Kota Serang. Metode yang digunakan dlam penelitian ini adalah studi korelasi yang melibatkan variabel bebas yaitu iklan surat pemberitahuan tahunan di Radar Banten dan variabel terikat yaitu tingkat kognitif masyarakat Kota Serang. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak sebanyak 56 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyampaian pesan pada iklan surat pemberitahuan tahunan di Radar Banten berlangsung dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui dengan terjadinya peningkatan persepsi, ingatan dan kognitif masyarakat di lingkungan Sumur Gede Kota Serang. Proses penyampaian pesan iklan surat pemberitahuan tahunan di Radar Banten dapat memberikan pengaruh terhadap tingkat kognitif masyakat Kota Serang.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT The Impact of Advertisement of Annual Announcement Letter of Radar Banten to the Cognitive Level of Society in Serang City. ( Study of Correlation of Advertisement of Annual Announcement Letter of Radar Banten and Cognitive Level of Radar Banten Subscriber in Sumur Gede Environment. Raditya Rachman / 061597 / The Impact of Advertisement of Annual Announcement Letter to The Cognitive Level of Society in Serang City / The Study of Correlation in Advertisement of Annual Announcement Letter and Cognitive Level of Society of Radar Banten’s Subscribers in Sumur Gede Environment in Serang City / Communication Science Study Program Degree/ Social and Politic Science Faculty / Sultan Ageng Tirtayasa University / 2010. The advertisement of annual announcement letter is one way to distribute the information of organization policy by District Office of General Directory to external public, which is the society of Serang city. The purpose of this way to accommodate the needs of information of Serang city society. The effectiveness of information distribution can be done by choosing the right communication channel that show to the public society. This Communication channel is Mass Communication, because the content of massage that deliver to the society. Mass communication is massage delivery through media to the society. By satisfying the needs of information Serang city society, it will raise the cognitive improvement about annual announcement letter. Those needs of cognitive consist of the perception, the ability to remember and think. The aim of this research to know how the impact of advertisement of annual announcement letter to the perception , the ability to remember, think and the cognitive level of society in environment of Sumur Gede Serang city. The Method of this research is Study of Correlation that using independent variable to measure the advertisement of annual announcement letter in Radar Banten and unity variable to measure the cognitive level of society in Serang city. The samples of this research are about 56 person. The result of this research shows that the massage delivery in advertisement of annual announcement letter in Radar Banten has delivered effectively. This statement can be noticed by the improving of perception, ability to remember and society cognitiveness in Sumur Gede environment in Serang City. The massage Delivery process in advertisement of annual announcement letter in Radar Banten bring the impact to the cognitive level of society in Serang City.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 21 Feb 2013 03:06
Last Modified: 27 May 2013 07:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item