Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH UPWARD COMMUNICATION TERHADAP PERSEPSI ATASAN TENTANG KREDIBILITAS INFORMASI YANG DISAMPAIKAN BAWAHANNYA (Survey di PT Yakult Indonesia Persada Cabang Serang)

Prasetio, Heri and Mukhroman, Iman and Setyorini, Deviani (2012) PENGARUH UPWARD COMMUNICATION TERHADAP PERSEPSI ATASAN TENTANG KREDIBILITAS INFORMASI YANG DISAMPAIKAN BAWAHANNYA (Survey di PT Yakult Indonesia Persada Cabang Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM Heri Prasetio PENGARUH UPWARD COMMUNICATION TERHADAP PERSEPSI ATASAN TENTA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Heri Prasetio. NIM 6662072942. Skripsi Pengaruh Upward Communication Terhadap Persepsi Atasan Tentang Kredibilitas Informasi Yang Disampaikan Bawahannya (Survey Pada PT Yakult Indonesia Persada Cabang Serang). Upward communication adalah komunikasi yang disampaikan bawahan kepada atasannya. Di PT Yakult Indonesia Persada Cabang Serang, upward communication dilakukan bawahan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada atasannya. Penerimaan informasi akan menimbulkan persepsi atasan tentang kredibilitas informasi yang disampaikan oleh bawahannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh upward communication terhadap persepsi atasan tentang kredibilitas informasi yang disampaikan bawahannya di PT Yakult Indonesia Persada Cabang Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh upward communication terhadap persepsi atasan tentang kredibilitas informasi yang disampaikan bawahannya di PT Yakult Indonesia Persada Cabang Serang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori informasi organisasi. Penelitian ini menggunakan survey dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini bersifat eksplanatif. Data dikumpulkan dari hasil kuesioner dan observasi. Pada sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah karyawan PT Yakult Indonesia Persada Cabang Serang sebanyak 30 karyawan. Pada hasil penelitian ini menggunakan analisis kolerasi Perason’s Product Moment menunjukan terdapat hubungan yang cukup kuat, positif dan signifikan antara upward communication dengan persepsi atasan tentang kredibilitas informasi yang disampaikan oleh bawahannya di PT Yakult Indonesia Persada Cabang Serang sebesar 0,552. Kemudian perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,305 atau sama dengan 30,5% sehingga dapat dijelaskan bahwa pembentukan persepsi atasan tentang kredibilitas informasi dapat dipengaruhi oleh upward communication sebesar 30,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kredibilitas informasi merupakan hal yang sangat penting dalam upward communication, yang dapat mempengaruhi persepsi atasan dalam menilai informasi yang disampaikan karyawan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Heri Prasetio. NIM 6662072942. Thesis Influence the perception of upward communication to superiors about the credibility of the information conveyed his subordinate (Survey on PT Yakult Indonesia Persada Branch Serang). Upward communication is communication to subordinates to superiors. In the PT Yakult Indonesia Persada Branch Serang, subordinates upward communication done with the aim of providing information to his superiors. Receipt of information will lead to superior perception of credibility of information presented by subordinates. Then the formulation of the problem in this study is how much influence the perception of upward communication to superiors about the credibility of the information conveyed his subordinate at PT Yakult Indonesia Persada Branch Serang. the purpose of this study was to determine the effect of upward communication to superiors perceptions about the credibility of the information conveyed his subordinate at PT Yakult Indonesia Persada Branch Serang. theory used in this study is the organization's information theory. This study used a survey with quantitative approach. This type of research is explanative. Data were collected from the questionnaires and observation. On samples taken in this study were employees of PT Yakult Indonesia Persada Branch Serang by 30 employees. On the results of this study using correlation analysis showed Perason's Product Moment there is a relationship that is strong enough, a positive and significant correlation between upward communication with your boss's perception about the credibility of the information submitted by his subordinates in PT Yakult Indonesia Persada Branch Serang of 0.552. Then the calculation of the coefficient of determination is equal to 0.305 or equal to 30.5% so it can be explained that the establishment of employer perceptions about the credibility of the information may be influenced by the upward communication of 30.5% and the rest is influenced by other factors. The credibility of information is a very important in the upward communication, to make influenced the superiors perception to about the information.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 20 Feb 2013 02:43
Last Modified: 21 May 2013 04:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item