Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KEGIATAN PRESS RELEASE BAGIAN PEMASARAN PELAYANAN HUMAS RSUP NASIONAL Dr. CIPTO MANGUNKUSUMO SEBAGAI PROSES PENGORGANISASIAN INFORMASI

Rachman, Aulia and Winangsih, Rahmi and Restu, Uliviana (2012) KEGIATAN PRESS RELEASE BAGIAN PEMASARAN PELAYANAN HUMAS RSUP NASIONAL Dr. CIPTO MANGUNKUSUMO SEBAGAI PROSES PENGORGANISASIAN INFORMASI. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM AULIA RACHMAN FISIP (6662061598).pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Aulia Rachman (061598). Tim Pembimbing: Dra. Rahmi Winangsih, M.Si. selaku dosen pembimbing pertama dan Uliviana Restu H, S.Sos., M.Ikom. selaku dosen pembimbing kedua. Judul penelitian: Kegiatan Press Release Bagian Pemasaran Pelayanan Humas RSUP Nasional Dr.Cipto Mangunkusumo Sebagai Proses Pengorganisasian Informasi. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan press release yang ada di RSCM mulai dari alur kegiatan, tujuan dan kendala-kendala ada selama kegiatan. Fokus penelitian ini adalah pada cara yang dilakukan RSCM selama kegiatan press release dilaksanakan dengan tujuan-tujuan yang diharapkan serta kendala-kendala yang mungkin terjadi. Penelitian ini menggunakan teori informasi organisasi menurut Karl Weick yang terdiri dari tiga asumsi dasar yaitu organisasi manusia ada dalam sebuah lingkungan informasi, informasi yang diterima sebuah organisasi berbeda dalam hal ketidakjelasannya dan organisasi manusia terlibat di dalam pemrosesan informasi untuk mengurangi ketidakjelasan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menyajikan data dan mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap gejala-gejala yang terjadi dilapangan dari perspektif partisipan. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan press release di RSCM dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pengumpulan data, penulisan dan penyebaran presss release. Tujuan dibuatnya press release adalah untuk menyampaikan informasi kepada publik yang tersebar secara geografis, meningkatkan rasa bangga karyawan yang bekerja di organisasi, mendorong pembentukan citra positif dan reputasi organisasi, mencegah ataupun mengatasi ketidakjelasan informasi dan mendapatkan pemberitaan yang layak di media. Kendala yang dihadapi seperti keberatan dari keluarga pasien, narasumber yang berhalangan untuk memberikan informasi, pemberian informasi diluar porsi bagian pemasaran pelayanan humas RSCM, kekurangan lembaran press release, tidak dicantumkannya nomer kontak (contact person) narasumber informasi di dalam press release dan lamanya waktu pembuatan sebuah press release.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Aulia Rachman (061598). Couselor team: Dra. Rahmi Winangsih, M.Si. as the first counselor lecturer and Uliviana Restu H, S.Sos., M.Ikom. as the second counselor lecturer. The research title: Press Release in The Marketing Department and Public Relations of RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo as a Process of Organizing Information This research is to know how the press release at the RSCM, starting from the flow of activities, objectives and constraints. The focus of this research is the implementation of a press release on the RSCM and the expected objectives and the constraints that may happen. This research uses the organization of information theory according to Karl Weick, contains three basic assumptions such as human organizations exist in an the information environment, information that will be received of an organization is different in terms of ambiguity and the human organizations will be involved in the processing of information to reduce ambiguity of information. This research used a qualitative descriptive approach to present the data and gain a general understanding of phenomena that occur from perspective of the participants. Researcher collected the data by interview and documentation. The conclusion of this research is the press release at the RSCM made through three phases, that is data collection, writing and distributing press release. Objective of the RSCM's press release is to inform the public that are geographically dispersed, to increase the sense of proud of employees who work in organizations, to push the establishment of positive image and reputation of the organization, to prevent or resolve ambiguity of information and get a good news in the media. The Constraints that has been faced like an objection from the patient's family, resource person who was unable to gives the information, when there is information outside the the portion of The Marketing Department and Public Relations, when is a shortage of press releases, press release doesn't have the contact number of resource persons and the length of time making of a press release.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Feb 2013 07:11
Last Modified: 21 May 2013 03:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item