Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

FAKTOR – FAKTOR MOTIVASI PEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE

Fransiska, Maria and Ahmad, Ikhsan and Widyaningtyas, Mia Dwiana (2011) FAKTOR – FAKTOR MOTIVASI PEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM Maria Fransiska.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Maria Fransiska. NIM. 6662073033. Skripsi. Faktor-faktor Motivasi Pembaca Menggunakan Media Digital. Koran merupakan salah satu media jurnalisme cetak berisikan artikel-artikel yang memuat tulisan tentang peristiwa atau berita penting terhangat seputar kehidupan manusia. Tetapi menyaksikan Koran dalam tampilan cetaknya didunia maya secara utuh halaman per halaman adalah hal baru. Inilah yang disebut Koran digital. Koran digital muncul sebagai bentuk perkembangan teknologi komunikasi dan sekaligus menjawab kebutuhan konsumen yang membutuhkan persebaran informasi yang cepat, mudah dan instan. Saat ini dengan semakin tingginya mobilitas seseorang, mengakibatkan waktu yang dimiliki untuk membaca menjadi semakin sedikit. Pencarian informasi secara cepat lebih mengandalkan pada media televisi maupun internet. Khusus di kalangan anak muda, kebiasaan membaca koran bahkan nyaris hilang. Teknologi sangat besar pengaruhnya dalam keruntuhan Koran. Penggabungan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan terakomodasinya kebutuhan mendapatkan informasi secara fleksibel, dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor motivasi pembaca dalam memilih dan menggunakan kedua media untuk memperoleh informasi terbaru dari membaca berita. Penelitian ini bertitik tolak dari teori uses and gratification. Teori ini memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan (gratification) atau kebutuhan seseorang. Model ini tidak tertarik pada apa yang dilakukan media pada diri seseorang, tetapi ia tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa komunikasi reguler/non reguler FISIP Untirta Angkatan 2009 yang berjumlah 175 orang. Sementara sampel yang diambil 64 orang dengan menggunakan teknik simple random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket. Secara garis besar, hasil penelitian ini menyatakan bahwa sebagian mahasiswa komunikasi FISIP Untirta memilih untuk berganti media dari cetak ke digital karena termotivasi oleh keinginan untuk mendapatkan hiburan dengan persentase sebesar 75,9% yang tergolong baik. Tidak luput dari semuanya, penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan sumbangan pemikiran, serta dapat bermanfaat untuk pengembangan studi ilmu komunikasi. Kata Kunci : Motivasi, Pergantian Media

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Maria Fransiska. NIM. 6662073033. Skripsi. Reader Motivation Factors Using Online Media. The newspaper is one of the media print journalism that contains articles of writings about the latest events or important news about human life. Read newspapers from the virtual world as a whole printed page per page is a new thing. This is called a digital newspaper. Digital newspapers emerged as a form of communication and technological developments as well as answer for consumer‟s needs of fast, easy and instant information. Nowadays with the increasing mobility of a person, time owned to read is increasingly less. More rapid information retrieval relies on television and internet media. Especially among young people, the habit of reading newspaper nearly lost. The technology is very great influence in the collapse of the newspaper. The combine of information and communication technology allows accommodation the needs of information in a flexible, anywhere and anytime. This study aims to determine the factors motivate the reader in selecting and using the media to obtain the latest information from reading the news. This study starts from the theory of “uses and gratification”. This theory is focusing the attention to the media usage to achieve someone‟s gratification or needs. This model is not interested to what the media does towards someone, but instead to what someone does towards the media. The research method used is descriptive method with quantitative approach. Since the main purpose of this study is to analyze the motivating factors in changing readers from print to digital media. The population of this study is regular communication student / non-regular 2009 FISIP Untirta, which totaled 175 people. While samples taken 64 people using simple random technique. Data collection techniques used is questionnaire. Based on calculations, which dominates the main motivation of students to switch from print to digital media is adding to the leisure - entertainment with the percentage value of 75.9% and classified as good. Not escape from it all, research is expected to add and contribute ideas, and can be useful to study the development of science communication. Keywords: Motivation, Change of Media
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:55
Last Modified: 16 May 2013 03:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item