Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA INTERNET PADA SITUS BERITA KOMPAS.COM DAN DETIK.COM (Survei terhadap Mahasiswa Konsentrasi Jurnaistik Program Studi Ilmu Komunikasi kelas Reguler FISIP Untirta TA 2007-2009)

Subakti, Muhammad Bela and Jaiz, Muhammad and Widyaningtyas, Mia Dwiana (2011) PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA INTERNET PADA SITUS BERITA KOMPAS.COM DAN DETIK.COM (Survei terhadap Mahasiswa Konsentrasi Jurnaistik Program Studi Ilmu Komunikasi kelas Reguler FISIP Untirta TA 2007-2009). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM MUHAMMAD BELA SUBAKTI 6662072896.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Muhammad Bela Subakti. NIM 6662072896. SKRIPSI. Perbedaan Kepuasan Pengguna Internet Pada Situs Berita Detik.com dan Kompas.com. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2011 Bertambahnya interaksi manusia dengan teknologi menghadirkan media baru yang dirasa paling cocok dengan mobilitas masyarakat saat ini yang hampir semua kegiatannya didukung oleh kecanggihan teknologi. Kemunculan internet sebagai media baru sangat berpengaruh bagi banyak bidang termasuk industri media massa. Media dianggap berusaha memenuhi kebutuhan khalayak. Jika kebutuhan terpenuhi, kepuasan dalam menggunakan media dapat terpenuhi sehingga media yang mampu memenuhi kebutuhan khalayak disebut media yang efektif. Situs berita online seperti Detik.com dan Kompas.com menjadi situs berita yang paling banyak diakses di Indonesia. Dibandingkan dengan situs berita lainnya, kedua situs ini memiliki jumlah pengunjung yang paling tinggi. Detik.com meraih jumlah pengunjung yang paling tinggi sementara Kompas.com berada 2 tingkat dibawahnya. Penelitian bertujuan untuk mengkomparasikan tingkat kepuasan dari kedua situs ini melalui motif-motif yang dicari oleh khalayak. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications, inti teori Uses and Gratifications adalah khalayak menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan responden sebanyak 83 orang. Skala yang digunakan adalah skala penilaian dengan tehnik analisis statistik destkriptif. Motif-motif kebutuhan dijadikan indikator yang dipecah menjadi standar-standar penilaian. Hasil penelitian ini menunjukan dari 19 standar penilaian, Kompas.com mampu meraih skor rata-rata lebih tinggi dengan persentase sebesar 74,2% sementara Detik.com dengan persentase sebesar 72,6%. Setiap situs memiliki keunggulannya masing-masing, responden lebih merasa puas setelah mengakses Kompas.com pada motif informasi juga dari segi tampilan. Detik.com lebih unggul dalam motif hiburan dan keragaman informasi yang disajikan. Penelitian ini membuktikan bahwa jumlah pengunjung belum tentu dapat memenuhi motif-motif kebutuhan khalayak dalam bermedia. Kata kunci: Kepuasan, Detik.com, Kompas.com

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Muhammad Bela Subakti. 6662072896. THESIS. The Differences Satisfaction of Internet User On Portal Site Detik.com and Kompas.com. Communication Science. Faculty of Social and Politics Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 2011 The increasingly intense human interaction with technology brings about a new medium that may suit the mobile society whose activities are nowadays chiefly supported by the high end, latest technology. The emergence of the Internet as a new media is very influential to many fields including the mass media industry. Media is considered to fulfill needs from the audiences. Media are considered capable of fulfilling people's needs. Once the needs are fulfilled, satisfaction of media use can be reached. An effective medium is therefore one able to fulfill audience's needs. Online new portals such as Detik.com and Kompas.com are two of the most frequently visited news sites in Indonesia. Compared to others, these two sites show the highest number of visitors. Detik.com holds the top rank and Kompas.com the third rank. The research is conducted to compare the satisfaction rate of the two sites' visitors through the drives sought by audience. This research used the theory of Uses and Gratifications, Uses and Gratifications theory's core audience using mass media is based on certain motives. The method of research is survey method involving 83 respondents. The scale used is scale of the assessments with descriptive statistical analysis techniques. These motifs serve the needs of the indicators that are broken down into assessment standards. The results of this research supports the assessment of 19 standards, Kompas.com able to achieved an average score higher with percentages of 74.2% while Detik.com with a percentage of 72.6%. Each site has the advantages, respondents are more satisfied when accessing information motifs on the Kompas.com also in terms of appearance. Detik.com achieved a high score on the motive of entertainment and diversity of information that presented. This study proves that the number of visitors is not necessarily able to meet the needs of the motives from the audiences. Keywords: Satisfaction, Detik.com, Kompas.com
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Feb 2013 07:47
Last Modified: 15 May 2013 07:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item