Septiara, Irna and Jaiz, Muhammad and Nursih, Isti (2011) PENGARUH TERPAAN ACARA REALITY SHOW “SUPER NANNY” DI MERTO TV TERHADAP SIKAP ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK (Survey terhadap Ibu-ibu di Perumahan Karawaci Residence Tangerang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM IRNA SEPTIARA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Irna Septiara. 6662072946. SKRIPSI. Pengaruh Terpaan Acara Reality Show Super Nanny di Metro TV terhadap Sikap Orangtua dalam Mendidik Anak. Program Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2011 Tayangan reality show Super nanny merupakan tayangan yang dikemas secara menarik dan merupan satu-satunya tayangan reality show untuk keluarga. Semakin mereka sering dan atensi terhadap sebuah tayangan maka semakin besar pengaruh pada perilaku yang ditimbulkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan media terhadap sikap orangtua dalam mendidik anak. Penelitian ini bertitik tolak dari Cultivation Theory. Model ini memusatkan terpaan media (khusunya televisi) mampu memperkuat persepsi khalayak terhadap realitas sosial. Hal ini tampak pada hipotesis dasar analisis. Kultivasi yaitu, “semakin banyak waktu seseorang dihabiskan untuk menonton televisi (artinya semakin lama dia hidup di dalam dunia yang dibuat televisi), maka seseorang semakin menganggap bahwa realitas sosial sama dengan yang digambarkan televisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatif survei dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan penjelasan tentang pengaruh terpaan media terhadap sikap orangtua dalam mendidik anak. Data dalam penelitian ini berupa data yang berskala interval. Maka, untuk mengetahui adanya pengaruh terpaan media dengan sikap orangtua analisis yang digunakan adalah Product Moment Correlations. Dalam penelitian ini penulis menggunakan menetapkan sampel yang akan dipakai adalah probability sampling, dimana dalam metode ini setiap anggota populasinya memiliki peluang yang spesifik dan bukan nol untuk terpilih menjadi sampel, yaitu dari populasi 435 ditarik sampel menjadi 81 orang, dengan karakteristik respondennya adalah ibu-ibu di Perumahan Karawaci Residence Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket. Untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya maka penelitian ini harus mencari hubungan antara kedua variable dan sebesar 0,620 menunjukan bahwa ada hubungan yang cukup berarti, dilanjutkan pada tahap regresi dan hasil dari penelitian ini sebesar 38.4% terpaan media mempengaruhi sikaptua, Sedangkan sisanya 61.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi. Tidak luput dari semuanya, penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan sumbangan pemikiran, serta dapat bermanfaat untuk pengembangan studi ilmu komunikasi. Kata kunci : Terpaan, Reality Show, Super Nanny, Sikap
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Irna Septiara. 6662072946. THESIS. The Influence of Exposure of Super Nanny Reality Show on Metro TV toward attitude of Parents in Educating Children. Comunication Science. Faculty of Social and Politics Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 2011 Super nanny reality show is a show that is packed in an interesting and is the only reality show for the family. The more they frequent and attention to a show, the greater the effect on behavior efected. Therefore, this research aims to determine how much influence does the media onslaught against the attitude of parents in educating children. This research starts from Cultivation Theory. This model is focused on the exposure to the media (especially television) to strengthen the public perception of social reality. This analysis looks at the basic hypothesis. Cultivation is, "the more time a person spent watching television (meaning the longer he lives in a world that made by the television), then one assumes that the social reality is the same as those described television. The research method used is survey explanative method with quantitative approach. The purpose of this research is to provide an explanation of the effect of media onslaught on attitudes of the parents in educating children. The data in this research form an interval scale data. Thus, to determine the influence of media onslaught with parental attitude analysis used is the Product Moment Correlations. In this research the authors use probability sampling, which in this method each member of the population has a specific opportunity and not a zero for the selected sample. population sample drawn from 435 to 81 people, with the characteristics of respondents were mothers in Tangerang Residence Housing Karawaci. Data collection techniques used by spreading questionnaire. To find out whether there is influence, this research should find a correlation between two variables and of 0.620 indicates that there is a significant correlation, resumed at the stage of regression and the results of this research 38.4% of media exposure affects the attitudes of parents, while the remaining 61.6% is affected by another factor that still require further research. Not escape from it all, this research is expected to add and contribute ideas, and can be useful for the development of science communication. Keyword : Exposure, Reality Show, Super Nanny, Attitude |
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 08 Feb 2013 04:12 |
Last Modified: | 15 May 2013 06:41 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/150 |
Actions (login required)
View Item |