Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERSEPSI KOMUNITAS PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN DI UNTIRTA TERHADAP PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Komunkasi Interpersonal dalam Proses Pembentukan Presepsi terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal)

SUMANTO, SUMANTO and Sihabudin, Ahmad and Prasetya, Teguh Iman (2019) PERSEPSI KOMUNITAS PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN DI UNTIRTA TERHADAP PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Komunkasi Interpersonal dalam Proses Pembentukan Presepsi terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI KELOMPOK MASYARAKAT NON MUSLIM TERHADAP PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL - Copy.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SUMANTO. NIM. 6662131739. PERSEPSI KOMUNITAS PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN DI UNTIRTA TERHADAP PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Komunkasi Interpersonal dalam Proses Pembentukan Presepsi terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal). Pembimbing I: Prof. Dr. H. Sihabudin, M.Si., dan Pembimbing II: Teguh Iman Prasetya, SE., M.Si. Kesadaran masyarakat terhadap suatu yang halal kini terus meningkat. Dan pemahaman tidak lagi hanya soal makanan dan minuman untuk dikonsumsi, tapi menyangkut wisata halal, fashion halal, kosmetik halal dan lainnya. Hal ini berpengaruh pada peningkatan permintaan produk halal dan munculnya beragam produk halal dipasaran. Konsumen semakin kritis dan pemilih terhadap produk-produk kosmetik yang akan dipakainya. Kesadaran terhadap produk halal ini tidak hanya terjadi dikalangan muslim saja melainkan juga dikalangan non-muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat non-muslim khususnya Persekutuan Mahasiswa Kristen Untirta dalam menggambarkan presepsi mereka terhadap produk kosmetik halal. Peneliti menjabarkan atribut-atribut apa saja yang melekat pada produk kosmetik halal, hingga bagaimana mereka menerima pesan mengenai produk halal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan Focus Group Discussion untuk memahami persepsi dari para responden serta mengumpulkan informasi mengenai kosmetik halal. Berdasarkan penelitian ini peneliti menemukan bahwa adanya peran komunikasi interpersonal dalam pembentukan persepsi PMK di Untirta terhadap kosmetik berlabel halal. PMK di Untirta mempersepsikan kosmetik halal sebagai kosmetik yang tidak mengandung babi, dapat digunakan muslim, sesuai dengan aturan MUI, yang diakui BPOM, kosmetik anak – anak dan kosmetik lokal. Serta atribut-atribut yang melekat pada produk halal menurut PMK di Untirta adalah hijabers, packaging hijau, label halal MUI, kualitas terjamin, sederhana, cerdas, aman, muslim, nomor BPOM. Kategori : Persepsi, Komunikasi Interpersonal, Labelisasi Halal, Kosmetik Halal, Atribut Kosmetik Halal

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: SUMANTO. NIM. 6662131739. PERCEPTION OF THE COMMUNITY OF CHRISTIAN STUDENT FELLOWSHIP IN UNTIRTA OF HALAL LABELED COSMETIC PRODUCTS (Qualitative Descriptive Study of the Role of Interpersonal Communication in the Perception Formation Process of Halal Labeled Cosmetic Products). Advisor I: Prof. Dr. H. Sihabudin, M.Si., and Supervisor II: Teguh Iman Prasetya, SE., M.Si. Public awareness of a lawful thing is increasing. And understanding is no longer just a matter of food and drink for consumption, but it involves halal tourism, halal fashion, halal cosmetics and others. This has an effect on increasing demand for halal products and the emergence of various halal products in the market. Consumers are increasingly critical and picky about the cosmetic products they will use. Awareness of halal products does not only occur among Muslims but also among non-Muslims. This study aims to find out how non-Muslim communities, especially the Fellowship of the Christian Student Untirta, describe their perceptions of halal cosmetic products. The researcher describes what attributes are inherent in halal cosmetic products, to how they receive messages regarding halal products. This research is a qualitative descriptive study using Focus Group Discussion to understand the perceptions of the respondents and collect information about halal cosmetics. Based on this study the researchers found that there is a role for interpersonal communication in the formation of perceptions of PMK in Untirta towards cosmetics labeled halal. PMK Untirta perceives halal cosmetics as cosmetics that do not contain pigs, Muslims can use, in accordance with MUI rules, which are recognized by BPOM, children's cosmetics and local cosmetics. As well as the attributes inherent in halal products according to PMK Untirta are hijabers, green packaging, MUI halal labels, guaranteed quality, simple, smart, safe, Muslim, BPOM numbers. Categories: Perception, Interpersonal Communication, Halal Labeling, Halal Cosmetics, Halal Cosmetics Attributes
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 May 2019 03:04
Last Modified: 15 May 2019 03:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item View Item