Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA DI LINGKUNGAN KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2017

Nafisah, Atik Atiatun and Dirlanudin, Dirlanudin and Sjafari, Agus and Hadiono, Ade and Hendrarso, Panji (2018) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA DI LINGKUNGAN KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2017. Jurnal Administrasi Publik Volume 9, Nomor 1, Juni 2018, 9 (1). pp. 1-120. ISSN ISSN 2087 – 8923. e-ISSN 2549-9319

[img]
Preview
Text (Jurnal Administrasi Publik UNTIRTA Volume 9, Nomor 1, Juni 2018, hlm. 1-120)
01.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan salah satu kualitas pelayanan publik, adalah dengan menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan data atau informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang di peroleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik. Selain itu data IKM akan dapat menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan pemerintahan desa di Kabupaten Pandeglang dan untuk mengetahui kelemahan serta kekurangan dari setiap jenis layanan yang diselenggarakan pemerintahan desa di Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penjelasan deskriptif. Unit analisisnya adalah masyarakat pengguna layanan pemerintah desa yang tersebar di 53 desa di lima kecamatan yang mewakili lima zona di wilayah Kabupaten Pandeglang sebanyak 530 responden. Sehingga, teknik sampling yang tepat untuk digunakan adalah teknik aksidental. Adapun lama waktu dalam proses aksidental tersebut dilakukan secara serentak. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan berpedoman pada Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi No. 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan Pemerintahan Desa di Kabupaten Pandeglang memperoleh nilai interval 2,7826 dan nilai interval setelah dikonversi adalah 69,56, sehingga mutu layanannya “C”. Nilai mutu tersebut menunjukan bahwa unit layanan Pemerintahan Desa masuk kinerja layanan yang “Kurang Baik”. Dari ke-9 unsur pelayanan yang disurvey, unsur ke-4 (Biaya/Tarif) memperoleh respon tertinggi dengan kategori kinerja mutu layanan ―Baik‖ (B) dari masyarakat. Sedangkan unsur dengan respon terendah terdapat pada unsur ke-8 (Penanganan pengaduan, saran dan masukan) dan unsur ke-9 (Sarana dan Prasarana), keduanya masing-masing memperoleh kinerja mutu layanan ―Tidak Baik‖ (D). Kata kunci: SKM, DPMPD

Item Type: Article
Additional Information: One of the government's efforts to improve one of the quality of public services, is to compile the Community Satisfaction Index as a benchmark to assess the level of service quality. The Community Satisfaction Index (IKM) is data or information about the level of community satisfaction obtained from the results of quantitative and qualitative measurements of community opinion in obtaining services from public service providers. In addition, IKM data will be used as an assessment material for service elements that still need improvement and become a driver for each service delivery unit to improve the quality of its services. This study aims to determine the level of community satisfaction with village government services in Pandeglang District and to find out the weaknesses and shortcomings of each type of service organized by village government in Pandeglang District. This study uses a quantitative approach with descriptive explanations. The unit of analysis is that community users of village government services spread across 53 villages in five sub-districts representing five zones in the Pandeglang regency area of 530 respondents. So, the right sampling technique to use is accidental technique. The length of time in the accidental process is carried out simultaneously. The research instrument used a questionnaire based on the Decree of the Minister of Administrative Reform and Bureaucracy No. 14 of 2017 concerning Guidelines for Preparing the Community Satisfaction Survey. Based on the results of the study showed that the Community Satisfaction Index (IKM) for Village Government services in Pandeglang Regency obtained an interval value of 2.7826 and the interval value after conversion was 69.56, so the service quality was "C". The quality value shows that the Village Government service unit is in "Poor" service performance. Of the 9 elements of services surveyed, 4th Element (Cost / Tariff) received the highest response with the "Good" (B) service quality performance category from the community. Whereas the element with the lowest response is in the 8th Element (Complaint Handling, suggestions and input) and the 9th Element (Facilities and Infrastructure), both of which obtain a service quality performance of "Not Good" (D). Keywords : Satisfaction, Service, Survey
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 May 2019 02:33
Last Modified: 08 May 2019 03:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item