Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA BRANDING PADA DREAM.CO.ID (Studi Deskriptif Kualitatif pada iklan Dream Resolusi Cantik)

RIMAWATY, LULIYANA and Sihabudin, Ahmad and Witantra, Ari Pandu (2019) PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA BRANDING PADA DREAM.CO.ID (Studi Deskriptif Kualitatif pada iklan Dream Resolusi Cantik). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
Pemanfaatan Instagram sebagai media Branding pada Dream_Luliyana Rimawaty_SKRIPSI_2019.docx - Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Luliyana Rimawaty. NIM. 6662140273. Skripsi. Pemanfaatan Instagram sebagai media Branding pada Dream.co.id (Studi Deskriptif Kualitatif pada iklan Dream Resolusi Cantik). Pembimbing I: Prof. Dr. H.A. Sihabudin, M.Si. dan Pembimbing II: Ari Pandu Witantra, S.Sos, M.I.Kom. Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan. Pada era yang sudah digital seperti saat ini banyak platform media sosial yang dapat membantu untuk menumbuhkan engagement dengan pembaca nya. Dream.co.id adalah salah satu media online di Indonesia yang menggunakan instagram sebagai pendukung branding perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi social media marketing, pelaksanaan proses promosi iklan Dream Resolusi Cantik, dan mengetahui kepercayaan pembaca terhadap Dream.co.id sehingga menumbuhkan engagement yang baik dengan pembaca nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma post-positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara mendalam dengan enam informan, yakni informan kunci, informan kedua dan empat informan pendukung yang mengikuti kompetisi Dream Resolusi Cantik, observasi dan studi dokumen. Peneliti menggunakan model pemasaran AIDDA (Awareness, Interest, Desire, Decision and Action) dan konsep pendukung yakni konsep Kepercayaan Pelanggan (Customer Trust). Hasil penelitian ini bahwa informan kunci yakni social media officer menggunakan tahapan social media marketing yakni memiliki tujuan, planning, strategi, monitoring, analisis, dan evaluasi. Dream.co.id rutin mengadakan kompetisi untuk menumbuhkan engagement dan interaksi yang baik dengan pembacanya. Informan pendukung mengetahui apa itu Dream.co.id setelah mengikuti kompetisi sehingga engagement yang dibuat oleh Dream berhasil karena informan mulai aware dan loyal kepada Dream.co.id. Kata Kunci : instagram, social media marketing, engagement, AIDDA, Dream.co.id.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Luliyana Rimawaty. NIM. 6662140273. Thesis. Utilization of Instagram as a branding media on Dream.co.id (Qualitative descriptive study on Dream Resolusi Cantik Advertising). Advisor I: Prof. Dr. H.A. Sihabudin, M.Si. and Advisor II: Ari Pandu Witantra, S.Sos, M.I.Kom. Instagram is one of the most used social media platform. In the digital era nowadays, there are many other social media platforms that could help an engagement growth between users and the server. Dream.co.id is one of online media in Indonesia that uses instagram for supporting their company branding. This research is purposed to understand the social media marketing strategy, implementation of the advertising process of Dream Resolusi Cantik, and to ascertain the user’s trust upon the Dream.co.id with the results that to grow a good engagement with the readers. This research uses a descriptive qualitative approach using the post-positive paradigm. Data collections techniques is using in-depth interviews with six informants, which contains a key informant, second informant and four support informants who were attending the Dream Resolusi Cantik competition, observation and documents research. The researchers uses AIDDA marketing model (Awareness, Interest, Desire, Decision and Action) and supporting concept Customer trust (Kepercayaan Pelanggan). The results of this research is the key informant states social media officer uses the stages of social media marketing strategy which contains a goals, planning, strategy, monitoring, analysist, and evaluating. Dream.co.id oftenly holds a competitions to grow an engagement and good interaction between the readers. Supporting informants discover what Dream.co.id is after attending the competition and so the engagement that bound by Dream.co.id was suceed by reason of the informant is started to be aware and more loyal upon the Dream.co.id. Keywords : instagram, social media marketing, engagement, AIDDA, Dream.co.id.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 06 May 2019 05:02
Last Modified: 06 May 2019 05:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item