Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

OPERASIONAL PROGRAM PUBLIC RELATIONS (Studi Deskriptif Penerapan Budaya Perusahaan C.I.R.I di PT Krakatau Steel)

Selvina, Ema and Kania, Nia and Nesia, Andin (2010) OPERASIONAL PROGRAM PUBLIC RELATIONS (Studi Deskriptif Penerapan Budaya Perusahaan C.I.R.I di PT Krakatau Steel). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi KOM C)
SKRIPSI EMA SELVINA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ema Selvina. NIM 062522. Skripsi. Operasional Program PR (Studi Deskriptif Penerapan Budaya Perusahaan C.I.R.I di PT. Krakatau Steel). Organisasi yang telah mempunyai norma yang kuat, akan mempengaruhi setiap tindakan yang dilakukan setiap pegawai dan akan menjadikan kesadaran setiap anggotanya tentang apa yang harus diperbuat setiap waktu, ketika mereka berada di bidang kerjanya, oleh karena itu sangat diperlukan budaya organisasi. PT. Krakatau Steel (Persero) mensosialisasikan budaya perusahaan kepada seluruh karyawan agar menjadi pedoman dalam setiap pekerjaan yang dilakukan sehingga dari proses sosialisasi tersebut akan mempunyai dampak positif terhadap produktivitas, komitmen organisasi, dan turnover dari sumber daya manusia yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan yang dilakukan PT. Krakatau Steel (Persero). Penelitian ini dilaksanakan untuk menggambarkan langkah-langkah dan penerapan budaya perusahaan di PT. Krakatau Steel (Persero). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, didapat bahwa strategi yang digunakan yaitu dibentuknya Tim Vision, Mission & Value yang bertugas untuk menjabarkan visi, misi dan budaya perusahaan serta membuat dan menyusun Buku Pedoman Budaya Perusahaan. Dibentuknya Change Agent (Agen Perubahan), yang bertugas sebagai komunikator kepada karyawan PT. KS (Persero). Dimana peran Change Agent ini yang sangat berpengaruh, berperan aktif dan memiliki tanggung jawab penuh dalam menerapkan budaya perusahaan. Baik di unit yang dipimpin ataupun di kelas training. Dan melalui media-media yang disediakan di unit-unit kerja sebagai pendukung penerapan budaya perusahaan. Seperti : Standing Banner, Pamflet, Pin, Spanduk dan Buku saku pedoman budaya perusahaan yang dibagikan kepada setiap karyawan PT. Krakatau Steel (Persero). Media-media ini dilakukan oleh Divisi Protokoler & Internal Communication dan Corporate Communication. Kesimpulan akhir dari penelitian ini bahwa bukan hanya Tim Budaya Perusahaan saja yang menyusun dan bertanggung jawab dalam mensosialisasikan budaya perusahaan, akan tetapi ada Change Agent sebagai komunikator, mengawasi, evaluasi dan bertanggung jawab atas setiap bawahannya dan Divisi Protokoler & Internal Communication dan Corporate Communication sebagai mediator dalam mendukung penerapan budaya perusahaan baik ke dalam maupun ke luar.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Ema Selvina. NIM 062522. Thesis. Operations Public Relations Program (Descriptive Study of Corporate Culture Implementation C.I.R.I in PT. Krakatau Steel). Organizations that already have strong norms, will affect any action taken by every employee and every member will make awareness about what should be done every time, when they are in the field of work, therefore, very necessary organizational culture. PT. Krakatau Steel (Persero) socializing corporate culture to all employees in order to become a guideline in any work that is done so that the socialization process will have a positive impact on productivity, organizational commitment, and turnover of human resources owned. The objective of this research is to know how undertaken in implementing the corporate culture PT. Krakatau Steel (Persero). This research was conducted to describe the steps and strategies for implementation of the corporate culture in PT. Krakatau Steel (Persero). This research is made by using qualitative description method, with data collecting technique through interview, observation and documentation. Based on the results of research conducted by the researchers, found that the strategy used is the formation of Team Vision, Mission & Values assigned to describe the vision, mission and corporate culture, and create and develop the Corporate Culture Handbook. Formation Change Agent, which served as a communicator to the employees of PT. KS (Persero). Where is the Change Agent role is highly influential, active role and has full responsibility in implementing the corporate culture. Whether on the unit or in the training class. And through these media provided in the work units to support the implementation of corporate culture. Like: Standing Banner, Pamphlet, pins, banners and corporate culture guidance booklet which was distributed to every employee of PT. Krakatau Steel (Persero). Media was conducted by the Division of Protocol & Internal Communication and Corporate Communication. The last conclusion from this research that not only the Corporate Culture Team are responsible for preparing and disseminating corporate culture, but Change Agent as a communicator, monitor, evaluate and take responsibility for all subordinates and Division of Protocol & Internal Communication and Corporate Communication as a mediator in supporting the implementation of good corporate culture to the inside or outside.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 14 Jan 2013 04:18
Last Modified: 15 May 2013 03:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item