Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN UNIT KERJA SERIKAT PEKERJA KIMIA ENERGI PERTAMBANGAN DAN UMUM PT. DUTA SUGAR INTERNASIONAL DALAM MEMENUHI HAK BONUS AKHIR TAHUN PEKERJA

AMANIYAH, AMANIYAH and Nesia, Andin and Restu, Uliviana (2019) KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN UNIT KERJA SERIKAT PEKERJA KIMIA ENERGI PERTAMBANGAN DAN UMUM PT. DUTA SUGAR INTERNASIONAL DALAM MEMENUHI HAK BONUS AKHIR TAHUN PEKERJA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN UNIT KERJA SERIKAT PEKERJA KIMIA ENERGI PERTAMBANGAN DAN UMUM PT. D - Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Amaniyah. NIM 6662142630. Skripsi. Komunikasi Persuasif Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan dan Umum PT. Duta Sugar Internasional dalam Memenuhi Hak Bonus Akhir Tahun Pekerja. Pembimbing I: Andin Nesia, S.IK., M.I.Kom dan Pembimbing II: Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom. Setiap karyawan memiliki hak untuk mendapatkan penghargaan untuk pekerjaan yang sudah dilakukannya, hal tersebut tercantum pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang sudah disepakati bahwa karyawan berhak mendapatkan bonus disetiap pekerjaannya. Penelitian ini didasari permasalahan tidak terpenuhinya hak bonus akhir tahun pekerja di PT. Duta Sugar Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana komunikasi persuasif PUK-SP KEP PT. Duta Sugar Internasional. Konsep komunikasi persuasif yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Unsur-Unsur Komunikasi Persuasif dan Teknik Komunikasi Persuasif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur komunikasi persuasif yang diterapkan pada PUK-SP KEP PT. Duta Sugar Internasional yakni (1) sifat Persuader yang dimiliki adalah Reseptif, Selektif, Disgetif dan Transmitif (2) Persuadee yang bersahabat secara terbuka dan tidak terbuka (3) Pesan persuasif bertujuan untuk pengubahan tanggapan, dengan cara perpegangan pada PKB (4) Terjadi persepsi yang positif pada pelaksaan komunikasi persuasif (5) Saluran persuasif, bertatap muka secara langsung dan mengikuti perkembangan media komunikasi (6) Umpan balik internal, membuka wawasan, memberikan penjelasan mengenai masalah atau kebijakan yang terjadi dengan cara win-win solutions. Dengan sudah menentukan unsur-sunsur komunikasi persuasif maka PUK-SP KEP PT. Duta Sugar Internasional untuk memenuhi hak pekerja mengguunakan teknik Ingerasi dan teknik Itching device saat melakukan penyelesaian permasalahan hak pekerja. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Hak Pekerja, Serikat Pekerja.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Amaniyah. NIM 6662142630. Undergraduate Thesis. Persuasive Communication of the Leadership Unit of the Chemical Union of Mining and General Energy PT. Duta Sugar Internasional in Fulfilling Workers’ End of Year Bonus Rights. Advisor I: Andin Nesia, S.IK., M.I.Kom and Advisor II: Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom. Every employee has the right to get an award for the work he has done, it is stated in the Collective Labor Agreement (PKB) that has been agreed that the employee has the right to get a bonus in each of his jobs. This research is based on the problem of not fulfilling the year-end bonus rights of workers at PT. Duta sugar International. This research aims to explain and determine how persuasive communication PUK-SP KEP PT. Duta Sugar International. The concept of persuasive communication used in this research is the Elements of Persuasive Communication and Persuasive Communication Techniques. The research method used is a qualitative descriptive methods, data collection is done by interviews and document studies. The results showed that the elements of persuasive communication applied to PUK-SP KEP PT. Duta Sugar International, namely (1) Persuader's character possessed is Receptive, Selective, Disgetive and Transmitive (2) Persuadee that is friendly openly and not openly (3) Persuasive message aims to change responses, by hold on PKB (4) Positive perception, openness between union members. (5) Persuasive channels, by following the development of communication media. (6) Internal feedback, opening insights, providing explanations about problems or policies that occur through win-win solutions. By determining the elements of persuasive communication, PUK-SP KEP PT. Duta Sugar International to fulfill workers 'rights use Ingerasi techniques and Iching device techniques when resolving workers' rights issues. Keywords: Persuasive Communication, Workers’ Right, Trade Union.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:38
Last Modified: 26 Apr 2019 03:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item