Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SERANG TAHUN 2018

MEGAWATI, MEGAWATI and Widyastuti, Yeni and Riswanda, Riswanda (2018) KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SERANG TAHUN 2018. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Tahun 2018 - Megawati (6661140287) - Copy.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Megawati. SKRIPSI. 6661140287. 2018. Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Tahun 2018. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Yeni Widyastuti, S.Sos., M.Si. Pembimbing II Riswanda, Ph.D. Fokus penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Tahun 2018. Identifikasi masalahnya yaitu sarana dan prasarana yang disediakan Disdukcapil Kota Serang masih belum memadai, minimnya sosialisasi yang diberikan oleh Disdukcapil Kota Serang mengenai smartdukcapil, tidak pastinya waktu pelayanan yang diberikan, kurangnya keramahan pegawai dalam melayani masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengukur Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Tahun 2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Five Dimension of SERVQUAL menurut Zeithaml, Parasuraman, dan Berry dalam Ratminto dan Winarsih (2012:175-176). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan pembuatan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Disdukcapil Kota Serang dalam satu hari ratarata 539 orang dengan jumlah sampel 230 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan Accidental sampling. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah mencapai 68% dari angka minimal yang dihipotesiskan 65% dan masuk kategori sedang atau cukup baik. Saran penelitian ini adalah Disdukcapil Kota Serang diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat sebagai pengguna layanan terutama dalam hal kecepatan dan ketepatan, Disdukcapil Kota Serang perlu menyediakan penampilan fisik yang baik serta menyediakan fasilitas penunjang yang lebih memadai, Disdukcapil Kota Serang diharapkan bisa meningkatkan sosialisasinya mengenai aplikasi smartdukcapil agar masyarakat bisa mengetahui dan menggunakan aplikasnya sehingga dapat memudahkan dan membantu masyarakat dalam membuat dokumen kependudukan dan catatan sipil. Kata Kunci : Disdukcapil Kota Serang, Kualitas, Pelayanan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Megawati. Bachelor’s Thesis 6661140287. 2018. Service Quality at the Department of Population and Civil Registration in Serang City 2018. Department of Public Administration. Faculty of Social Science and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. Adviser I Yeni Widyastuti, S.Sos., M.Si. Adviser II Riswanda, Ph.D. The focus of this research is Service Quality at the Department of Population and Civil Registration in Serang 2018. Identification of the problem, namely facilities and infrastructure provided by Department of Population and Civil Registration of Serang City is still inadequate, lack of socialization provided by Department of Population and Civil Registration of Serang City about smartdukcapil, uncertain time of service provided, lack of employee friendliness in served to the community. The research purpose to measuring the quality of service in the civil services and civil registration in Serang City 2018. This research uses Five Dimension of SERVQUAL according to Zeithaml, Parasuraman, and Berry in Ratminto and Winarsih (2012: 175-176). The method uses descriptive quantitative. The population of this study is the people who makes documents at Department of Population and Civil Registration in Serang City on with an average day of 539 people with a sample of 230 respondent. The data collection is done by questionnaires distribute, observation and documentation. The sampling used accidental sampling technique. The results obtained in this study were 68% of the minimum numbers hypothesized to be 65% and in the moderate or good enough category. The suggestion of this research is that Department of Population and Civil Registration of Serang City of is expected to improve the quality of its services to the community as service users, especially in terms of speed and accuracy, Department of Population and Civil Registration in Serang City needs to provide good physical appearance and provide more adequate supporting facilities. smartdukcapil so that people can know and use their applications so that they can facilitate and assist the community in makes population and civil records documents. Keywords: Department of Population and Civil Registration in Serang City, Quality, Service.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:23
Last Modified: 25 Apr 2019 08:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item