Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pameran Pembangunan sebagai Media Promosi Dalam Pencitraan Organisasi (Studi Deskriptif Tentang Program Pameran Pembangunan dalam Pencitraan Pemerintah Kabupaten Lebak)

Supriatna, Lesta Yunissa and Setyorini, Deviani and Wahyuni, Isti Nursih (2010) Pameran Pembangunan sebagai Media Promosi Dalam Pencitraan Organisasi (Studi Deskriptif Tentang Program Pameran Pembangunan dalam Pencitraan Pemerintah Kabupaten Lebak). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi KOM B)
SKRIPSI KOM LESTA YUNISSA SUPRIATNA 062518.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lesta Yunissa Supriatna. 062518. Pameran Pembangunan Sebagai Media Promosi Dalam Pencitraan Organisasi (Studi Deskriptif Tentang Program Pameran Pembangunan Dalam Pencitraan Pemerintah Kabupaten Lebak). Lebak secara georafis merupakan kabupaten terluas di Provinsi Banten. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Daerah (BPSD) pada tahun 2009 tercatat Lebak berpenduduk 1.233.965 jiwa dan luas wilayah kabupaten Lebak adalah 304.472 hektar atau 3.044,72 km. Lebak sesungguhnya merupakan wilayah yang strategis namun kini tengah berkembang melalui pembangunan di segala bidang. Oleh karena itu masih banyak masyarakat yang membutuhkan dan belum mengetahui informasi tentang pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah berupa program bantuan akses pembangunan sarana prasarana baik berupa pembangunan akses jalan atau pembangunan sarana pendidikan yang telah pemerintah laksanakan. Bagian Humas dan Komunikasi Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak mempunyai tugas melaksanakan pembinaan hubungan kemasyarakatan guna memperjelas kebijakan dan kegiatan Pimpinan Pemerintah Daerah serta pengamanan terhadap informasi atau berita sandi dan telekomunikasi. Salah satu media promosi organisasi yang digunakan humas adalah pameran pembangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket (kuesioner), Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang, dengan menggunakan teknik accidential sampling. Berdasarkan Hasil interprestasi data instrument yang berupa kuesioner tentang pameran pembangunan yang dibagikan kepada 100 responden, memperoleh Skor rata – rata sebesar 397 dengan menggunakan skala likert. Dapat disimpulkan bahwa pengunjung pameran pembangunan setuju bahwa Humas dan Komunikasi Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak memberikan informasi mengenai pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Lebak. Sedangkan hasil interprestasi data instrument yang berupa kuesioner tentang citra organisasi yang dibagikan kepada 100 responden, memperoleh Skor rata – rata sebesar 405. Berdasarkan skala likert dapat disimpulkan bahwa pengunjung pameran pembangunan setuju bahwa pameran pembangunan cukup efektif sebagai media informasi Humas dan Komunikasi Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak. Oleh karena itu pameran pembangunan cukup efektif sebagai media promosi untuk meningkatkan citra positif pemerintah kabupaten lebak.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Lesta Yunissa Supriatna. 062518.The Exibition of Development as the Promotion’s Media in the Organization Image (Study of Descriptive about the Exhibition of Development Programe in the Regency of Lebak Image). Lebak is geografis the widest regency in Banten Province. Based on data from Regional Statistics (BPSD) in the year 2009 recorded a population of 1,233,965 inhabitants and Lebak area of Lebak district is 304 472 hectares, or about 3044.72 km. Lebak is really a strategic region but is now evolving through development in all fields. Therefore, there are still many people in need and not knowing information about the implementation of government policy areas such as access to assistance programs such as infrastructure construction of access road construction or reconstruction of educational facilities that have been carried on the government. Part of Public Relations and Communications Secretariat of Regency of Lebak has the task of carrying out the development of social relationships in order to clarify the policies and activities of local government leaders and security of your password or news information and telecommunications. One organization used the media publicity campaign is the construction of the exhibition. The method used in this study is the descriptive method. While data descriptive techniques used were, Questionnaire (questionnaire), Interviews, and Documentation. While the sample used, while as many as 100 people, using accidential sampling techniques. Based on the results of instrument data interpretation in the form of a questionnaire about the exhibition development that is distributed to 100 respondents, obtained scores - average of 397 using a Likert scale. It can be concluded that the construction of exhibition visitors agree that the Public Relations and Communications Secretariat of Regency of Lebak providing information on local government policy implementation Lebak. While the results of instrument data interpretation in the form of a questionnaire about the organization's image were distributed to 100 respondents, obtained scores - average of 405. Based on Likert scale can be concluded that the construction of exhibition visitors agreed that the exhibition of the development is quite effective as a medium of information Public Relations and Communications Secretariat of Regency of Lebak. Therefore, exhibition development is quite effective as a media campaign to promote a positive image in the Regency of Lebak.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 14 Jan 2013 03:04
Last Modified: 14 May 2013 07:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item