Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DESTINATION BRANDING GUNUNG PINANG SEBAGAI TUJUAN WISATA DI KABUPATEN SERANG

Farhanas, Suciati and Nurprapti, Nurprapti and Restu, Uliviana (2018) DESTINATION BRANDING GUNUNG PINANG SEBAGAI TUJUAN WISATA DI KABUPATEN SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Suciati Farhanas NIM 6662140222)
SKRIPSI - SUCIATI FARHANAS 6662140222 - PDF - Copy.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Suciati Farhanas, NIM 6662140222, Skripsi, Destination Branding Gunung Pinang sebagai tujuan Wisata di Kabupaten Serang, Pembimbing I : Dr. Nurprapti Wahyu W., M.Si dan Pembimbing II : Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom Wisata Gunung Pinang merupakan salah satu wisata baru yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banten. Wisata Gunung Pinang awalnya merupakan konservasi alam, namun saat ini wisata Gunung Pinang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Serang. Dalam kegiatan komunikasi pemasaran pariwisata pada produk wisata ini, pengelola wisata Gunung Pinang mengimplementasikan tahapan destination branding sebagai strategi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi destination branding pada wisata Gunung Pinang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori difusi inovasi dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep destination branding oleh Morgan & Pritchard. Hasil penelitian ini adalah pengelola mengimplementasikan teori difusi inovasi dan tahapan destination branding dalam pengelolaan wisata gunung pinang melalui lima tahapan yakni mulai dari market investigation, analysis and srategic recommendation, brand identity development, brand launch and introduction: communicating the vision, brand implementation dan monitoring evaluation and review yang dapat dikatakan berhasil ditandai dengan meningkatnya jumlah pengunjung wisata Gunung Pinang serta meningkatnya kualitas wisata Gunung Pinang sebagai tujuan wisata di Kabupaten Serang. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Pariwisata, wisata Gunung Pinang, Destination Branding.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Suciati Farhanas, NIM 6662140222, Thesis, Destination Branding Gunung Pinang as a tourist destination in Serang District, Advisor I : Dr. Nurprapti Wahyu W., M.Si and Advisor II : Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom Gunung Pinang Tourism is one of the new tours managed by Perum Perhutani KPH Banten. The Gunung Pinang tour was originally a nature conservation, but now the Gunung Pinang tour became one of the favorite tourist destinations in Serang District. In the tourism marketing communication activities in this tourism product, the manager of Gunung Pinang tourism implements the stages of destination branding as a strategy. The purpose of this study is to find out how the implementation of destination branding on Gunung Pinang tourism. This research used qualitative descriptive research method with data collection through interview, observation and document study. The theory used in this research was diffusion of innovations theory and the concept used in this study is the concept of destination branding by Morgan & Pritchard. The result of this research is the manager to implement the diffusion of innovations theory and destination branding stages in the management of Gunung Pinang tourism through five stages started from: market investigation, analysis and strategic recommendation, brand identity development, brand launch and introduction: communicating the vision, brand implementation, monitoring, evaluation and review, which can be said successful marked by the increasing number of visitors of Gunung Pinang as well as the increasing quality of Gunung Pinang tourism as a tourist destination in Serang district. Keywords : Tourism Marketing Communication, Gunung Pinang Tourism, Destination Branding.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:58
Last Modified: 16 Jan 2019 02:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item