Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

LIBIDINAL PEREMPUAN SEBAGAI PEMICU OBJEKTIFIKASI PEREMPUAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Dewi, Gabriella Putri Sabrina and Yuliana, Nina and Nurjuman, Husnan (2018) LIBIDINAL PEREMPUAN SEBAGAI PEMICU OBJEKTIFIKASI PEREMPUAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (GABRIELLA PUTRI SABRINA DEWI NIM. 6662141525)
SKRIPSI_ILMU KOMUNIKASI_GABRIELLA PUTRI SABRINA DEWI_6662141525 - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gabriella Putri Sabrina Dewi. NIM. 6662141525. Skripsi. Libidinal Perempuan Sebagai Pemicu Objektifikasi Perempuan di Media Sosial Instagram. Pembimbing I: Dr. Nina Yuliana., M.Si dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman., M.Si. Media sosial Instagram dengan segala format dan fitur yang disajikan, secara tidak langsung memengaruhi penggunanya, terutama perempuan, untuk dapat semakin menyadari dan bahkan mengembangkan kecenderungan narsistik serta libidinal yang dimiliki. Dalam hal ini adalah libidinal yang berada pada ranah ego, yaitu hasrat kepada sesuatu yang bersifat imateril seperti pengaguman dari orang lain, citra, harga diri, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fitur-fitur Instagram berperan dalam penyaluran libidinal perempuan, bentuk penyaluran libidinal perempuan di Instagram, serta manifestasi praktik objetifikasi perempuan karena adanya penyaluran libidinal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, studi dokumen, serta observasi. Peneliti menggunakan konsep media logic serta teori objektifikasi dalam menganalisis fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah dalam menyalurkan hasrat libidinalnya, perempuan cenderung mengandalkan fisiknya untuk menarik perhatian, perempuan juga ingin selalu tampil cantik di Instagram, serta perempuan berusaha untuk membangun imej diri tertentu melalui akun Instagram miliknya. Dengan menampilkan kecantikan dan keindahan fisiknya secara terus-menerus, menyebabkan terjadinya objektifikasi perempuan di Instagram, baik objektifikasi internal maupun eksternal. Objektifikasi internal berupa self objectification yang membuat perempuan terobsesi dengan stigma „cantik‟ yang diberikan masyarakat. Sedangkan objektifikasi eksternal berupa sexual objectification yang dilakukan laki-laki terhadap perempuan di Instagram. Dengan kata lain, perempuan dijadikan „objek tatapan‟ oleh laki-laki di Insagram. Kata kunci: Libidinal, Instagram, media logic, objektifikasi

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Gabriella Putri Sabrina Dewi. NIM. 6662141525. Undergraduate Thesis. Women Libidinal as a Trigger for Objectification of Women on Social Media of Instagram. Advisor I: Dr. Nina Yuliana., M.Si and Advisor II: Husnan Nurjuman., M.Sc. Social media Instagram with all the formats and features presented, indirectly affects the users, especially women, to be able to be more aware and even develop narcissistic tendencies also libidinal possessions. In this case, the libidinal is in the realm of the ego, namely the desire for something that is immaterial like admiration from other people, image, self-esteem, and so on. The aim of this research was to find how Instagram features play a role in releasing women‟s libidinal. Women libidinal releasing form on Instagram, also the manifestation of the practice of objectification of women because of the libidinal distribution. This research used the qualitative approach with the method of collecting data such as deep interview, document study, also observation. The researcher used the concept of media logic and objectification theory in analyzing the phenom researched. The result of this research was in releasing their libidinal desire, women tended to rely on their physicality to attract attention, women also want to always look beautiful on Instagram, and women tried to build a certain self-image through his Instagram account. Internal objectification like self-objectification which made women obsessed with the 'beautiful' stigma given society. While external objectification like objectification sexual by men against women on Instagram. In other words, women were made 'objects of gaze' by men on Instagram. Keywords: libidinal, Instagram, media logic, objectification
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:07
Last Modified: 11 Jan 2019 03:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item