Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

WEB SERIES SORE SEBAGAI MEDIA BARU KAMPANYE DIGITAL HIDUP SEHAT

Anzani, Wilda Aulia and Jaiz, Muhammad and Witantra, Ari Pandu (2018) WEB SERIES SORE SEBAGAI MEDIA BARU KAMPANYE DIGITAL HIDUP SEHAT. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Wilda Aulia Anzani NIM. 6662132021)
WEB SERIES SORE SEBAGAI MEDIA BARU KAMPANYE DIGITAL HIDUP SEHAT - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wilda Aulia Anzani. NIM. 6662132021. Skripsi. Web Series Sore Sebagai Media Baru Kampanye Digital Hidup Sehat. Pembimbing I : Muhammad Jaiz, S.Sos., M.Pd dan Pembimbing II : Ari Pandu W, M.I.Kom. Youtube menjadi salah satu medium internet yang menyajikan beragam informasi dengan format video. Web Series merupakan konten video yang banyak dimanfaatkan sebagai bentuk pesan kampanye berbasis digital. Salah satu yang menggunakannya adalah Tropicana Slim. Pesan kampanye hidup sehat dikemas ke dalam Web Series Sore dan disalurkan melalui Youtube. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui latar belakang penggunaan Web Series, menjabarkan karakteristik media baru yang terdapat pada Web Series sebagai media kampanye digital, dan menggambarkan bagaimana pesan kampanye diimplementasikan pada Web Series Sore. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma Post Positivistime, serta tiga tahap teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terdapat dua Key informan yaitu Elvira Puspasari Chandra sebagai Digital Marketing Associate PT Nutrifood Indonesia, dan Sylvia Widjaja sebagai produser pada produksi Web Series Sore. Sedangkan empat informan pendukung pada penelitian ini dipilih karena adanya kesesuaian dengan tipe khalayak kampanye. Teori yang digunakan adalah Teori Media Baru dari Pierre Levy, dengan metode wawancara sebagai pendukung dan memperkuat analisis, hasil temuan pada penelitian ini menjelaskan bahwa penggunan Web Series Sore adalah upaya Tropicana Slim dalam menyasar generasi muda berusia produktif, dan untuk menepis citra sebagai produk orang tua. Youtube sebagai media komunikasinya telah sesuai dengan enam karakteristik media baru. Implementasi pesan kampanye melalui ajakan mengubah pola hidup yang disematkan ke dalam cerita tanpa menggurui, dengan penyajian kesimpulan pada struktur pesan dibuat secara implisit. Kata kunci : Kampanye, Media Baru, Web Series, Youtube.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Wilda Aulia Anzani. NIM. 6662132021. Paper. Web Series Sore As A Digital Health Campaign. Advisor I : Muhammad Jaiz, S.Sos., M.Pd and Advisor II : Ari Pandu W, M.I.Kom. Youtube become one of the internet medium for serving a lot of information as a video format. Web series is a video content that has been used as digital based campaign message. One of it is Tropicana Slim. Healthy living campaign message packed into Sore Web Series and channeled through Youtube. The purpose of this research is to know the background using Web Series, describing new media characteristics that exist on Web Series as digital media campaign, and explain how the campaign message implemented on Sore Web Series. Using qualitative approach with Post Positivistime paradigm, including three stages of analysis which is data reduction, data serving, and drawing conclusion. There are two key informan whom is Elvira Puspasari Chandra as Digital Marketing Associate PT Nutrifood Indonesia, and Sylvia Widjaja as producer in Sore Web Series production. While another four supportive informan in this research chosen because there is suitability with public campaign type. Theory that been used is New Media Theory from Pierre Levy, with interview method as support and strengthen the analysis, the result of this research explained that using Sore Web Series is Tropicana Slim effort to target young productive age generation, and to brush off the image as a parents product. Youtube as its communication media is suitable with six characteristics new media. Implementation campaign message through invite lifestyle change that embedded into stories without patronizing with serving conclusion as its core message made implicitly. Keywords: Campaign, New Media, Website Series, YouTube.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:22
Last Modified: 19 Nov 2018 02:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item