Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P (PRODUK, PRICE, PLACE dan PROMOTION) TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE (Survei Pada Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab di Kota Tangerang)

SAPUTRA, DENI and Winangsih, Rahmi and Septa, Ronny Yudhi (2018) PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P (PRODUK, PRICE, PLACE dan PROMOTION) TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE (Survei Pada Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab di Kota Tangerang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (DENI SAPUTRA NIM. 6662121217)
PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P (PRODUK, PRICE, PLACE dan PROMOTION) TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN D - Copy.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Deni Saputra. NIM 6662121217. “Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Aplikasi Transportasi Online”. Pembimbing 1 : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si. dan Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa Priana, M.Si Strategi pemasaran digunakan perusahaan untuk mempertahankan konsumennya aplikasi Gojek dan aplikasi Grab menggunakan strategi bauran pemasaran 4P (product, price, people, promotion) untuk mempertahankan konsumen dalam menggunakan aplikasi transportasi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4P (product, price, people, promotion) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi transportasi online. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran (product, price, people, promotion) untuk mengkaji permasalahan yang diangkat. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dengan teknik survey pada konsumen aplikasi Gojek dan aplikasi Grab di Tangerang dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang diperoleh dari perhitungan Yamane presisi sampling eror 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemasaran 4P (product, price, people, promotion) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi Gojek sebesar 61% dengan nilai r hitung yaitu 0,718. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemasaran 4P (product, price, people, promotion) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi Grab sebesar 54% dengan nilai r hitung yaitu 0,735. Korelasi antara variabel X dan Y dalam penelitian ini berada pada kategori kuat. Data penelitian menunjukkan bahwa product,price, promotion memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi Gojek dan aplikasi Grab. Sedangkan place tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi Gojek dan aplikasi Grab. Kata kunci : Bauran Pemasaran 4P, Keputusan Konsumen.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Deni Saputra. NIM 6662121217. Mini Thesis. The Influence of Marketing Mix (Product, Price, Place and Promotion) to Decision of Costumer to Using Mobile Apps For Tranportation. Supervisor 1: Dr. Rahmi Winangsih, M.Sc., and Supervisor II : Ronny Yudhi Septa Priana, M.Si. The marketing strategy used by companies to retain customers of Gojek Apps and Grab Apps using 4p marketing mix strategy (product, price, people, promotion) to retain customers in using Gojek Apps and Grab Apps. This study aims to determine the effect 4p marketing mix (product, price, place, promotion) to the consumer's decision to use mobile apps for transportation. This study uses the theory of marketing mix (product, price, people, promotion) to examine the issues raised. Data is collected using questionnaires to survey techniques on consumers Gojek Apps and Grab Apps in Tangerang the number of respondents as many as 100 people were obtained from the calculation precision Yamane sampling error of 10%. The results showed that the influence of 4p marketing (product, price, people, promotion) to the consumer's decision to use a Gojek Apps of 61% with a value of r count is 0.781. And The results showed that the influence of 4p marketing (product, price, people, promotion) to the consumer's decision to use a Grab Apps of 54% with a value of r count is 0.735. Correlation between variables X and Y (Gojek and Grab) in this study are in the hard category. The research data shows that the product,the price, and the promotion has significant impact on consumer decisions in using Gojek Apps and Grab Apps.While place does not really give a significant influence on consumer decisions in using Gojek Apps and Grab Apps. Keywords: Marketing Mix 4P, Consumer Decision
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2018 07:40
Last Modified: 09 Nov 2018 07:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item