Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO TOP FM CILEGON DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN

SYAUQI, MUHAMAD RIZON and Winangsih, Rahmi and Nesia, Andin (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO TOP FM CILEGON DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (MUHAMAD RIZON SYAUQI NIM 6662121567)
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO TOP FM CILEGON DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muhamad Rizon Syauqi. 6662121567. Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Top FM Cilegon dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan Radio Top FM Cilegon adalah salah satu radio swasta yang ada di Kota Cilegon. Radio ini adalah radio pertama yang berdiri sejak era tahun 80-an. Kehadiran radio – radio swasta lainnya di Kota Cilegon menjadikan radio Top FM Cilegon harus terus berinovasi untuk dapat bersaing memperebutkan pengiklan. Kehadiran pengiklan menjadi sumber utama dalam berjalannya roda perusahaan. Untuk mendapatkan pengiklan, maka perlu adanya strategi komunikasi pemasaran yang tepat guna menarik sebanyak – banyaknya calon pengiklan. PT. Radio Top Persada yang berada di frekuensi 91.8 Mhz bernaung di bawah Media Network Consolidate (MNC) yang memiliki jaringan dengan beberapa radio di Indonesia. Berpusat di kota Jakarta, Radio Top tersebar di kota Ujung Pandang, Makassar, Balikpapan dan Banten. Di Banten sendiri radio Top Cilegon satu atap dengan PBS FM yang berada di kota Serang. Dengan kekuatan pemancar sebesar 5000 watt, radio Top FM Cilegon mampu menjangkau hingga tempat yang cukup jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh radio Top FM Cilegon dalam meningkatkan jumlah pengiklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan beberapa langkah yaitu: Observasi, wawancara, dokumentasi serta uji Reliabiltas. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Radio Top FM Cilegon menggunakan model Three Ways Strategy untuk mendapatkan pengiklan. Di mulai dengan Pull Strategy yaitu strategi menarik dengan memetakan calon pengiklan potensial yang ada di wilayah sekitaran Cilegon maupun skala nasional. Para pengiklan akan diberikan company profile, surat penawaran kerjasama serta penjelasan mengenai keuntungan beriklan di radio Top FM Cilegon. Upaya dari Pull Strategy akan di topang dengan Push Strategy atau strategi mendorong, dimana para pengiklan akan dimotivasi untuk mengiklan di radio Top FM Cilegon dan akan di dorong untuk terus memasang iklannya. Push Strategy ini dilakukan dengan cara negosiasi harga yang dapat di sesuaikan dengan budget pengiklan, para pengiklan juga akan diberikan gratis revisi iklan dan berbagai bonus tambahan slot iklan. Selanjutnya adalah Pass Strategy atau strategi menjaga hubungan baik. Pada proses ini radio tidak lagi mengincar profit, tetapi lebih kepada menciptakan opini publik yang baik dan terus membangun citra agar mendapatkan value lebih dengan cara mengadakan acara sosial, radio juga terus menjaga hubungan baik dengan para pengiklan, menghormati kontrak iklan dan terus berupaya untuk memberikan program – program yang berkualitas untuk para pendengar. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Three Ways Strategy, Iklan, Radio Top FM Cilegon.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Muhamad Rizon Syauqi. 6662121567. Marketing Communication Strategy Radio Top FM Cilegon in increasing the number of such advertiser. Top FM (radio) Cilegon is one of private radio in Cilegon City. This Radio is the first radio that stood since 80s. The presence of the other private radio in Cilegon City made the Top FM Cilegon must continue to innovate to compete get such advertiser. The existence of such advertiser becomes the main source in the operation of the company. To get such advertiser, so needed the right marketing communication strategy in order to attract the multitude of candidates for such advertiser. Top FM Radio in 91.8 Mhz frequency, PT. Radio Top Persada (Top FM) under Media Network Consolidate (MNC) which has a network with some radio in Indonesia. With the head office in Jakarta, Radio Top spread in the city of Ujung Pandang (Makassar), Balikpapan and Banten. In Banten province, Top FM Cilegon one roof with PBS FM which is located in the city of Serang. With the strength of the transmitter of 5000 watt, radio Top FM Cilegon able to reach up to the place that far enough. The purpose of this research is to know the marketing communication strategy that is done by the Top FM Cilegon in increasing the number of such advertiser. This research uses qualitative approach with descriptive method using several steps: observations, interview, documentation and Reliabiltas test. The results of this study concluded that the Radio Top FM Cilegon using Three Ways model Strategy to get such advertiser. First the Pull Strategy is an interesting strategy to map the candidate potential such advertisers in Cilegon or national scale. Advertisers will be given company profile, cooperation offer letter and explanation about the benefits of advertising on radio Top FM Cilegon. The efforts of the Pull Strategy will be followed by a Push Strategy or a strategy to encourage, where advertisers will be motivated to advertising on radio Top FM Cilegon and will be invited to continue installing the commercial. Push Strategy is done with the way the price negotiations can be adjust with a budget of such advertiser, advertisers will also be provided free of the revision of the advertisements and various additional bonus advertising slot. Next is to pass Strategy or strategy of maintaining good relationship. In this process the radio no longer seek profit, but more to create public opinion is good and continue to build the image in order to get value more with how to conduct social events, radio also continues to maintain a good relationship with the advertisers, honor contracts advertisements and continues to strive to provide quality programs for the audience. Key Words : Marketing Communication Strategy, Three Ways Strategy, advertising, Radio Top FM Cilegon.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:50
Last Modified: 08 Nov 2018 02:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item