Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH AKUN INSTAGRAM @EXPLOREBANTEN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (TRAVELING) KE TEMPAT WISATA DI BANTEN (SURVEY PADA FOLLOWERS @EXPLOREBANTEN)

AMARTIN, LITTA AYU (2018) PENGARUH AKUN INSTAGRAM @EXPLOREBANTEN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (TRAVELING) KE TEMPAT WISATA DI BANTEN (SURVEY PADA FOLLOWERS @EXPLOREBANTEN). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (LITTA AYU AMARTIN 6662121373)
LITTA AYU AMARTIN - Copy.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Litta Ayu Amartin. NIM 6662121373. Skripsi. Pengaruh Akun Instagram @explorebanten Terhadap Minat Berkunjung (Traveling) Ketempat Wisata Di Banten (Survey Pada Followers @explorebanten). Pembimbing I : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si dan Pembimbing II : Andin Nesia, M.I.Kom Gaya hidup masyarakat yang bergerak cepat dan bersentuhan langsung dengan internet, menyebabkan model promosi sangat relevan diaplikasikan baik destinasi wisata maupun pengelola akomodasi pariwisata untuk melakukan pencitraan yang baik, belakangan ini banyak menghiasi timeline instagram dari sekian banyak akun instagram yang mempromosikan pariwisata indonesia, khususnya daerah Banten yaitu akun instagram @explorebanten. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh akun Instagram @explorebanten terhadap minat berkunjung ke tempat wisata di Banten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh akun instagram @explorebanten mempromosikan objek atau tempat wisata terhadap minat berkunjung wisatawan ke tempat wisata di Banten. Teori Perbedaan Individu digunakan karena efek media massa pada khalayak itu tidak seragam, melainkan beragam disebabkan secara individual berbeda satu sama lain dalam stuktur kejiwaannya. Penelitian ini menggunakan metodologi dan pendekatan kuantitatif. Metode yang diusung dalam penelitian ini adalah metode survei. Tujuan survei dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pengaruh akun media social Instagram @explorebanten terhadap minat wisatawa berkunjung (traveling) ke tempat wisata di Banten. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun @explorebanten yang diketahui berjumlah 34.600. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari keseluruhan jumlah followers di akun @explorebanten menggunakan teknik random sampling. Karena penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, maka teknik yang dilakukan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini melalui instrument penelitian kuisioner. Presentase variabel X (akun Instagram @explorebanten) sebesar 76,5% dan dikategorikan baik. Presentase variabel Y (minat berkunjung ketempat wisata di Banten) sebesar 76,64% dan dikategorikan baik. nilai korelasi Product Moment antar variable X (akun Instagram @explorebanten) terhadap Y (minat berkunjung ke tempat wisata di Banten) menunjukan angka sebesar 0,493. Sebesar 0,493 nilai korelasi hubungan antara variable akun @explorebanten terhadap variable minat berkunjung (traveling) ke tembat wisata di Banten, hubungan antara kedua variable bernilai sedang. Koefisien penentu (determinasi) menunjukkan bahwa pada nilai R square yaitu 0,243 berarti korelasi antara variable X terhadap variable Y adalah sebesar 24,3% dan sisanya ditentukan oleh factor lain. Persamaan regresi linear penelitian ini Y = 10,59 + 0,27 Y. Uji t menunjukkan variable independen mempunyai spesifikasi kurang dari 0,05, nilai thitung (5,609) > ttabel (1,6605). Uji F pada variable X terhadap variable Y sebesar 31,435. Kata kunci : Instagram, @explorebanten, Minat Berkunjung, Teori Perbedaan Individu.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Litta Ayu Amartin. NIM 6662121373. Thesis. The Influence Of Instagram Account @explorebanten On Visiting Interest (Traveling) To The Tourist Attraction In Banten (Survey To Followers @explorebanten). Counselor I: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si and Advisor II: Andin Nesia, M.I.Kom The lifestyle of people who move quickly and in direct contact with internet, causing a very relevant promotional model applied both tourist destinations and tourism accommodation managers to perform good imaging, lately adorn the timeline instagram of the many instagram accounts that promote Indonesian tourism, especially the area of Banten the account instagram @explorebanten. The formulation of this research problem is how the influence of Instagram @explorebanten account to the interest of visiting the tourist attractions in Banten. The purpose of this study to determine the effect of account instagram @explorebanten promote the object or place of interest on visiting tourists to tourist attractions in Banten. The Difference Theory Individuals are used because the effects of mass media on audiences are not uniform, but vary because they are individually different from each other in their psychological structure. This research uses quantitative methodology and approach. The method carried out in this research is survey method. The purpose of the survey in this study is to describe how the influence of social media accounts Instagram @explorebanten to the interest of tourist visiting (traveling) to the tourist attractions in Banten. The population in this study were followers of @explorebanten account known amounted to 34,600. The sample in this study were 100 respondents from the total number of followers in @explorebanten account using random sampling technique. Because this research is quantitative research, then the technique is done using questionnaires and documentation. The results of this study through questionnaire research instrument. The percentage of variable X (Instagram @explorebanten account) is 76.5% and is categorized well. Percentage of variable Y (interest visiting tourist spot in Banten) equal to 76,64% and good categorized. Product Moment correlation value between variable X (Instagram account @explorebanten) to Y (interest visiting to tourist place in Banten) shows number 0,493. As much as 0.493 correlation value of the relationship between @explorebanten account variable to the travel interest variable to the tourist attraction in Banten, the relationship between the two variables is medium value. The coefficient determinant (determination) shows that the value of R square is 0.243 means the correlation between variable X to variable Y is 24.3% and the rest is determined by other factors. The linear regression equation of this research is Y = 10,59 + 0,27 Y. The t test shows independent variable has specification less than 0,05, tcount (5,609)> ttable (1,6605). Test F on variable X to variable Y for 31,435. Keywords: Instagram, @explorebanten, Visiting Interest, Individual Differences Theory.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:45
Last Modified: 08 Nov 2018 02:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item