Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROMOSI DIGITAL DESTINASI DIGITAL BANTEN OLEH GENERASI PESONA INDONESIA (GENPI) BANTEN (Studi pada Pasar Kampung Bekelir)

Ratu, Annisa and Sihabudin, Ahmad and Mukhroman, Iman (2018) PROMOSI DIGITAL DESTINASI DIGITAL BANTEN OLEH GENERASI PESONA INDONESIA (GENPI) BANTEN (Studi pada Pasar Kampung Bekelir). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Annisa Ratu (6662141190))
Promosi Digital Destinasi Digital Banten Oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banten (Studi Pad - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Annisa Ratu. NIM. 6662141190. Promosi Digital Destinasi Digital Banten Oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banten (Studi pada Pasar Kampung Bekelir). Pembimbing I: Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin, M.Si. dan Pembimbing II: Iman Mukhroman, M.Si. Saat ini teknologi digital sangat mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat, bahkan banyak kebutuhan yang muncul akibat pengaruh digitalisasi ini, termasuk salah satunya kebutuhan untuk diakui secara digital. Destinasi digital merupakan destinasi baru yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengakuan secara digital, oleh karena itu destinasi ini memiliki ciri kebaruan, bagus untuk berfoto, dan bagus untuk diunggah ke berbagai platform digital. Destinasi digital merupakan salah satu program Kementerian Pariwista Republik Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Destinasi digital dibuat oleh Kementerian Pariwisata melalui Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) yang tersebar di seluruh Indonesia. Komunitas ini merupakan komunitas pariwisata yang aktif di dunia digital. Komunitas ini bergerak di promosi pariwisata Indonesia termasuk salah satunya destinasi digital. Dalam mempromosikan destinasi digital Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banten menggunakan tiga platform sosial media populer, yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana proses promosi destinasi digital yang dilakukan oleh GenPI Banten di ketiga media sosial tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses promosi digital destinasi digital, untuk mengetahui cara GenPI Banten mengelola informasi promosi destinasi digital, untuk mengetahui gangguan promosi digital destinasi digital dan penanganannya, untuk mengetahui umpan balik dari sasaran promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah Teori Difusi Inovasi oleh Everett M. Rogers. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses promosi digital destinasi digital oleh GenPI Banten melalui beberapa tahap komunikasi, kemudian dalam mengelola informasi promosi dengan memperhatikan karakteristik media sosial yang digunakan agar lebih dimengerti. Kata Kunci: Destinasi Digital, Promosi Digital, Teori Difusi Inovasi.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Annisa Ratu. NIM. 6662141190. Digital Promotion of Destinasi Digital Banten By Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banten (A Descriptive Study on Pasar Kampung Bekelir). Advisor I: Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin, M.Si. and Advisor II: Iman Mukhroman, M.Si. Digital technology nowadays is affecting everydays life, even there are many needs that arise due to this digitalization, including the need for recognition in the digital world. Destinasi digital is a new tourism destination which can fulfill the need for recognition in digital platform, therefore this new tourism destination has some characteristics such as inovative, good for taking pictures, and good to be uploaded in various digital platforms. Destinasi digital is a program which ran by Ministry of Tourism Republic of Indonesia to increase the tourism visit. Destinasi digital is made by Ministry of Tourism Republic of Indonesia through the role of a community called Generasi Pesona Indonesia (GenPI) in all over the country. This community is active on a digital world. This community is active in promoting Indonesian tourism, including destinasi digital. In promoting destinasi digital, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banten is using three popular social media platforms, such as Facebook, Twitter, and Instagram. This research focus on the process of how GenPI Banten promoting the destinasi digital in Facebook, Twitter, and Instagram. The purpose of this study is to determine the process of promoting the destinasi digital in digital platforms, to know how GenPI Banten manages the information of destinasi digital, to determine the barriers to digital promotion of the destinasi digital and how to handle it, and to know the feedback from the promotion target. This study used a descriptive qualitative method. This study used Diffusion and Innovation Theory by Everett M. Rogers. In the end, the study shows that the process of digital promotion in promoting destinasi digital by GenPI Banten is through some communication steps, and GenPI Banten takes concern to the characteristics of social media which used to promote destinasi digital. Keywords: Destinasi Digital, Digital Promotion, Diffusion and Innovation Theory.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Nov 2018 06:55
Last Modified: 07 Nov 2018 06:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item