Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Strategi Corporate Social Resposibility (CSR) PT. Krakatau Posco dalam Membangun Community Relations pada Masyarakat Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon

NAJIBULLAH, NAJIBULLAH and Winangsih, Rahmi and Sagita, Darwis (2018) Strategi Corporate Social Resposibility (CSR) PT. Krakatau Posco dalam Membangun Community Relations pada Masyarakat Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (NAJIBULLAH 6662103003)
Strategi Corporate Social Resposibility (CSR) PT. Krakatau Posco dalam Membangun Community Relati - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Najibullah. 103003. Strategi Corporate Social Resposibility (CSR) PT. Krakatau Posco dalam Membangun Community Relations pada Masyarakat Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Perusahaan harus mampu menjaga hubungan dengan komunitas di sekitar perusahaan karena mereka mempengaruhi kelangsungan produksi perusahaan. Salah satu strategi perusahaan dalam membina hubungan dengan komunitas (community relations) adalah dengan mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility (CSR). PT. Krakatau Posco walaupun telah aktif menjalankan program CSR namun dalam kenyataannya masih mendapatkan unjuk rasa dari masyarakat sekitar perusahaan. Penelitian ini membahas tentang strategi CSR PT. Krakatau Posco dalam membangun community relations pada Masyarakat Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan informan sebanyak 5 orang terdiri dari 2 orang pihak internal perusahaan sebagai key informan dan 3 orang pihak eksternal perusahaan sebagai informan penunjang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori strategi manajemen oleh Scott M. Cutlip dan Allen H. Center. Hasil penelitian menyatakan bahwa tahapan yang dilakukan pada proses: 1. Fact finding: terdiri dari proses CSR Request, Screening Request, Mapping and Survey 2. Planning: terdiri dari proses Proposal Arrangement, Proposal Approval, dan CSR Preparation 3. Communicating: CSR Implementation, dan 4. Evaluating: Report and Evaluation. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi CSR dapat menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat lokal. Terbukti dengan adanya perubahan sikap perhatian masyarakat pada setiap kegiatan CSR. Kata kunci: CSR, hubungan komunitas, strategi.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Najibullah. 103003. Corporate Social Responsibility Strategy of PT. Krakatau Posco in Building Community Relations at Ciwandan District Community of Cilegon City. Companies must be able to maintain relationships with communities around the company because they affect the continuity of the company's production.One of the company’s strategy in developing community relations is to implement Corporate Social Responsibility (CSR) program. Company of PT. Krakatau Posco despite being actively running CSR programs but in reality still get a demonstration from the community around the company. In this research discusses the strategy of CSR PT. Krakatau Posco in building community relations at the Community District Ciwandan Cilegon City. The research method used is descriptive with qualitative approach, with informants as many as 5 people consting of 2 internal party company as key informant and 3 party external company as supporting informant. Methods of data collection using interviews, observation and documentation. The theory used is the theory of management strategies by Scott M. Cutlip and Allen H. Center. The result of the research states that the steps taken in the process are: 1. Fact finding: CSR Request, Screening Request, Mapping and Survey 2. Planning: Proposal Arrangement, Approval Proposal, and CSR Preparation; 3. Communicating: CSR Implementation; 4. Evaluating: is Report and Evaluation.This research concludes that CSR implementation can establish good relationship between company and local community.That is evidenced bythe change of attitude of public attention on every CSR activity. Keywords: CSR, community relations, strategy.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:31
Last Modified: 05 Nov 2018 02:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item