Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Media Habit Generasi Milenial dalam Membaca Portal Berita NETZ

Osika, Gadis Neka and Sihabudin, Ahmad and Sagita, Darwis (2018) Media Habit Generasi Milenial dalam Membaca Portal Berita NETZ. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Gadis Neka Osika NIM 6662131182)
SKRIPSI GADIS NEKA OSIKA fix - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gadis Neka Osika. NIM 6662131182. SKRIPSI. Karakteristik Generasi Milenial dalam Membaca Portal Berita NETZ. Pembimbing I : Prof. Dr. H. A. Sihabudin. M.Si dan Pembimbing II : Darwis Sagita, S.I.Kom, M.I.Kom NET MEDIATAMA merupakan salah satu pengembangan media platform mengembangkan digital konten yang hadir sesuai perkembangan teknologi informasi, NET. didirikan dengan semangat bahwa konten hiburan dan informasi di masa mendatang akan semakin terhubung, lebih memasyarakat, lebih mendalam, lebih pribadi, dan lebih mudah diakses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristrik generasi milenial dalam membaca portal berita online NETZ. Dimana segemntasi pembacanya adalah milenial itu sendiri, dengan memanfaatkan bonus demografi Indonesia yang mana usia produktif saat ini yaitu generasi milenial yang lahir dari tahun 1980 hingga 2000-an. Penelitian ini menggunakan konsep unsur berita dalam portal berita NETZ yang berelasi dengan karakteristik milenial itu sendiri. Metode penelitian yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui paradigma post-positivis dengan melakukan teknik wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara kepada semua informan bahwa generasi milenial memiliki beberapa karakteristik dalam memilih kebutuhan informasi mulai dari efesien, simple, kritis, melihat unsur berita, bahasa jurnalistik, foto dan video dalam suatu artikel. Sehingga kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa portal berita online NETZ memenuhi kebutuhan informasi generasi milenial. Portal berita ini, menyuguhkan konten digital seutuhnya mulai dari video, foto, artikel dan flash dari masing-masing platform dibuat semenarik mungkin. Misal, video diberikan inscriber pemenuh informasi pengganti artikel. Jika dalam sebuah artikel tidak terdapat video inscriber biasanya diberikan konten foto yang lebih banyak. Sederhananya, memanjakan pembaca dengan visual. Kata kunci :Karakteristik Pembaca Milenial, Generasi Milenial, Portal Berita, Redaksional NETZ.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Gadis Neka Osika. NIM 6662131182. THRIPSI. Characteristics of the Millennial Generation in Reading the NETZ News Portal. Advisor I: Prof. Dr. H. A. Sihabudin. M.Si and advisor II : Darwis Sagita, S.I.Kom, M.I.Kom NET MEDIATAMA is one of the media development platform developing digital content that is present according to the development of information technology, NET. founded in the spirit that entertainment and information content in the future will be more connected, more populist, deeper, more personal, and more accessible. The purpose of this research is to know the generation of millenial generation in reading the online news portal NETZ. Where segemntasi readers are millenial itself, by utilizing the demographic bonus of Indonesia which is the current productive age of millennial generation born from 1980 to 2000's. This study uses the concept of news elements in the NETZ news portal that is related to the characteristics of the millennial itself. The research method is qualitative method with descriptive approach through post-positivist paradigm by conducting in-depth interview technique and observation. The results obtained from interviews to all informants that the millenial generation has several characteristics in choosing information needs ranging from efficient, simple, critical, see the elements of news, language journalism, photos and video in an article. So the conclusion from the results of this study that online news portal NETZ meet millenial generation information needs. This news portal, providing full digital content from video, photos, articles and flash from each platform is made as attractive as possible. For example, the video is given inscriber fulfillment of article replacement information. If in an article there is no video inscriber usually given more photo content. Put simply, spoil the reader with visuals. Keywords: Characteristics of Millennial Readers, Millennial Generation, News Portal, Editorial NETZ.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:09
Last Modified: 05 Nov 2018 02:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item