Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PANDEGLANG

AZIZ, FAISAL and Budiati, Ayuning and Dirlanudin, Dirlanudin (2018) PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PANDEGLANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (FAISAL AZIZ 6661132383)
PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PANDEGLANG - Copy.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Faisal Aziz. NIM. 6661132383. Skripsi. Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pandeglang. Pembimbing I: Dr. Ayuning Budianti, MPPM dan Pembimbing II: Dr. Dirlanudin, M.Si. Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pandeglang, Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi tangible, reliability, responsiviness assurance dan emphaty beserta indikatornya. (1) pelaksanaan kualitas pelayanan terkait dengan dimensi tangibl (bukti fisik) belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai seperti ruangan yang terbatas, tidak adanya AC, MCK yang belum memadai (2) dimensi reliability kehandalan pegawai dalam menangani setiap keluhan belum sesuai dengan harapan masyarakat, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat tentang proses pelayanan pembuatan e-KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. (3) dimensi responsivines (ketanggapan) pegawai sudah menunjukkan sikap tanggap membantu masyarakat saat mengalami kesulitan (4) dimensi assurance (jaminan), tepat waktu pada pelayanan belum sesuai dengan harapan masyarakat, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat. (5) dimensi emphaty, upaya Peningkatan kualitas pelayanan dilakukan dengan memberikan kesan menyenangkan dalam proses pelayanan. Adapun kendala dalam pelaksanaan pelayanan antara lain kurangnya sumber daya pegawai, kesadaran masyarakat yang kurang khususnya dalam melengkapi syarat-syarat administratif pelayanan, serta fasilitas pelayanan yang belum memadai. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan masyarakat

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Faisal Aziz. NIM. 6661132383. Thesis. Services of Population Administration at the Department of Population and Civil Registry of Pandeglang Regency. Guidance of : Dr. Ayuning Budianti, MPPM and Dr. Dirlanudin, M.Si. Science State Administration. Faculty of Social Science and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa 2018 This study aims to determine the service of population administration in the Department of Population and Civil Registration Pandeglang, This research method is descriptive research. Data collection techniques used are observation techniques, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the dimension of tangible, reliability, responsiveness assurance and emphaty and its indicators. (1) the implementation of service quality related to the tangibl dimension (physical proof) has not fulfilled adequate service facilities such as limited room, lack of air conditioning, inadequate toilets (2) reliability dimension of employee's reliability in handling each complaint not yet in accordance with community expectation, visible still complaints from the community about the process of making e-ID card service, Birth Certificate and Family Card. (3) dimensions of responsivines (responsiveness) of employees have shown responsiveness to help the community in times of difficulty (4) assurance dimension (timely) on the service has not been in accordance with the expectations of the community, still visible complaints from the public. (5) emphaty dimension, effort Improving service quality is done by giving pleasant impression in service process. The obstacles in the implementation of services include lack of personnel resources, public awareness is less particularly in compliance with administrative terms of service, as well as inadequate service facilities. Keywords: Service Quality, Community Service
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:58
Last Modified: 31 Oct 2018 02:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item